Sydney (ANTARA) - Negara bagian terpadat di Australia, New South Wales (NSW), harus bersiap menghadapi lebih banyak kasus COVID-19 pada Kamis, kata pihak berwenang, ketika seorang menteri pemerintah dinyatakan positif dan menteri kesehatan negara bagian itu melakukan isolasi mandiri.

"Saya tidak akan merinci jumlahnya pada saat ini ... ya, akan ada, akan ada lebih banyak kasus hari ini," kata Menteri Kesehatan negara bagian NSW Brad Hazzard kepada penyiar nasional, Australian Broadcasting Corp (ABC) dari tempat isolasi. NSW dijadwalkan untuk melaporkan kasus harian mereka pada pukul 11 pagi waktu setempat (0100 GMT).

Menteri Pertanian negara bagian NSW Adam Marshall mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia telah dites positif, meningkatkan kekhawatiran penyebaran virus di parlemen negara bagian.

Hazzard mengatakan dia telah diarahkan untuk mengasingkan diri setelah dia dianggap kemungkinan kontak dekat dari kasus positif dan pejabat kesehatan sedang melakukan lebih banyak tes.

NSW sedang berjuang untuk menahan wabah baru dari varian virus Delta yang sangat menular di Sydney, kota terbesar di Australia, yang telah membengkak menjadi lebih dari 30 kasus dalam seminggu.

Pihak berwenang memberlakukan masker wajib di semua lokasi dalam ruangan termasuk kantor, dan memperketat pembatasan pergerakan dan pertemuan selama seminggu mulai Rabu.

Pejabat kesehatan mengatakan penularan varian Delta dapat terjadi bahkan melalui kontak minimal dengan orang yang terinfeksi.

Sydney, rumah bagi seperlima dari 25 juta penduduk Australia, telah diisolasi secara efektif dari bagian lain negara itu setelah beberapa negara bagian menutup perbatasan mereka sementara yang lain memberlakukan aturan perbatasan yang keras.

Penguncian cepat, aturan jarak sosial yang ketat, dan pelacakan kontak yang cepat telah membantu Australia untuk berhasil menekan wabah di masa lalu, tetapi pejabat NSW sejauh ini menolak seruan untuk penguncian ketat di negara bagian tersebut.

Australia telah melaporkan kasus di bawah 30.400 kasus dan 910 kematian sejak pandemi dimulai.

Sumber: Reuters
Baca juga: Sydney hadapi 'periode paling mengerikan' di tengah varian Delta
Baca juga: Australia berupaya lacak sumber misteri kasus COVID-19 di Sydney
Baca juga: Klaster virus corona muncul di pinggiran kota Sydney

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021