Jakarta (ANTARA) - Cadillac baru saja memamerkan wujud dari CT4-V Blackwing di lintasan dan sekarang perusahaan itu telah mengungkapkan model tersebut dengan memberikan downforce tertinggi dalam sejarah kendaraan V-Series.

Orang-orang di balik kendaraan ini sudah tidak perlu diragukan lagi kinerjanya, desainer dan insinyur perusahaan telah memberikan perhatian khusus pada sisi aerodinamis mobil terutama dalam hal paket serat karbon.

Kedua paket tersebut dikembangkan menggunakan underwing lima sabuk baru di Michigan serta underwing Windshear yang digunakan oleh Cadillac Racing di North Carolina.

Ini memastikan bahwa mereka telah memberikan dan menghasilkan kelincahan dan kepercayaan diri yang luar biasa berkat pengurangan daya angkat dan peningkatan downforce yang mereka hasilkan.

Tentu saja, merancang sebuah paket lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena mereka mengalami lebih dari 500 jam pengujian terowongan angin dan 300 simulasi menggunakan teknologi dinamika fluida komputasi canggih.

Dikutip dari CarsCoops, Jumat, Cadillac menggunakan headset realitas virtual dan ini memungkinkan para insinyur untuk "mengidentifikasi peluang secara real-time untuk memanfaatkan efisiensi aerodinamis tambahan."

Berkat pengembangan ekstensif ini, CT4-V Blackwing memiliki Paket Serat Karbon #1 yang mencakup bagian-bagian seperti, strake bawah sayap, splitter depan, deflektor roda depan, dan spoiler belakang yang dioptimalkan.

Tidak hanya itu saja, pelanggan juga dapat meningkatkan ke Paket Serat Karbon #2 yang menambahkan ekstensi rocker dan diffuser belakang.

CT4-V Blackwing ini juga hadir dengan dengan memiliki underwing depan yang terinspirasi dari kendaraan balap, saluran pendingin rem yang dicetak 3D, dan ventilasi fender depan yang membantu melepaskan tekanan yang terbentuk di dalam lubang roda depan untuk mengurangi drag dan lift.

Model ini juga memiliki bagian bawah bodi yang rata serta penutup lengan kontrol belakang yang dapat mencegah udara menumpuk di sekitar lubang roda belakang.

Menurut chief engineer Cadillac V-Series Blackwing, Tony Roma, dengan Blackwing CT4-V, kami menciptakan downforce bersih yang sangat langka di kendaraan produksi.

"Memberi mobil ini lebih banyak cengkeraman dan stabilitas yang lebih besar, yang akan menginspirasi pengemudi untuk lebih percaya diri mengeksplorasi kemampuan penuhnya," kata dia.

Insinyur kinerja aerodinamis Cadillac, Scott Sier, juga mencatat bahwa komponen rahasia, seperti underwing, memungkinkan perusahaan untuk menghindari sayap belakang besar yang "tidak sesuai dengan desain" sedan mewah.

Blackwing CT4-V 2022 akan tiba di dealer akhir musim panas ini dengan mesin V6 3,6 liter twin-turbo yang menghasilkan tenaga 472 hp (352 kW / 479 PS) dan torsi 445 lb-ft (603 Nm).

Baca juga: Cadillac tambah varian CT4, pesaing Audi A3 dan Mercy A-Class

Baca juga: Mobil listrik Cadillac Lyriq bisa dipesan September

Baca juga: Cadillac tetap produksi Escalade bermesin konvensional
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021