Jakarta (ANTARA) - Indiana Pacers telah mencapai kesepakatan untuk membawa kembali Rick Carlisle menjadi pelatih untuk kedua kalinya dalam klub NBA tersebut pada Kamis.

Carlisle (61), membawa Pacers mencetak rekor (menang-kalah) 181-147 selama empat musim pada 2003-07. Pada musim 2003-04, ia memimpin Pacers meraih rekor klub 61 kemenangan dan mencapai final Wilayah Timur.

Ia juga menjadi asisten pelatih di bawah legenda NBA Larry Bird pada 1997-2000, perjalanan yang ditutup dengan satu-satunya penampilan tim tersebut dalam Final NBA, kalah dari Los Angeles Lakers.

"Rick adalah pemenang yang terbukti dengan kejuaraan dan akan menjadi pelatih Hall of Fame," kata presiden operasi bola basket Pacers Kevin Pritchard dalam satu pernyataan yang dikutip AFP.

Baca juga: Pelatih Knicks Thibodeau dinobatkan sebagai pelatih terbaik NBA

"Ia telah menunjukkan sepanjang kariernya kemampuan untuk membangun sesuatu dengan keberhasilan yang berkelanjutan. Ia sangat menghormati franchise kami dan penggemar kami dari waktu sebelumnya di sini. Kami sangat gembira menyambutnya kembali ke Indiana."

Selama 19 musim sebagai pelatih kepala NBA, termasuk bersama Detroit Pistons pada 2001-03 dan Dallas Mavericks mulai 2008 hingga mengundurkan diri sepekan lalu, Carlisle telah mencetak rekor 836-689.

Carlisle, peringkat 15 dalam sejarah NBA untuk kemenangan pelatihan, dinobatkan sebagai Pelaih Terbaik NBA pada 2002 dan ia membawa Mavericks meraih gelar NBA pertamanya pada 2011.

"Terima kasih saya yang tulus kepada Herb Simon, Kevin Pritchard dan seluruh organisasi Pacers atas kesempatan untuk kembali ke jantung bola basket," kata Carlisle.

Baca juga: George pimpin Clippers atasi Suns dalam gim ketiga final Wilayah Barat
Baca juga: Trae Young cetak 48 poin saat Hawks ungguli Bucks dalam final wilayah
Baca juga: Kevin Durant akan pimpin sederat bintang baru NBA di Olimpiade Tokyo

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021