Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 505 penghuni Panti Jompo Kasih Sayang dan Panti Asuhan di Bekasi menerima bantuan paket sembako dan alat pelindung diri terdiri atas masker serta cairan antiseptik dari Polri dalam rangka menyambut HUT ke-75 Bhayangkara.

Analis Kebijakan Utama Bidang Bindiklat Lemdiklat Polri Brigjen Pol Juansih menyerahkan langsung bantuan tersebut ke para lansia dan anak asuh di Yayasan Panti Asuhan Bekasi, Jawa Barat, Sabtu.

"Harapan kami bantuan ini bisa bermanfaat terlebih di masa pandemi seperti saat ini," kata Juansih.

Ia menyebutkan, menyambut HUT ke 75 Bhayangkara, Polri menggelar bakti sosial penyaluran sembako kepada masyarakat terdampak COVID-19.

Kegiatan pembagian paket sembako telah dimulai sejak Jumat (25/6) kemarin, serentak seluruh jajaran Polri.

Baca juga: Presiden tinjau vaksinasi massal TNI-Polri serentak seluruh Indonesia

Juansih mengatakan bakti sosial ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan Polri dalam rangka HUT ke-75 Bhayangkara pada 1 Juli nanti.

"Jadi untuk tahun ini Polri menyerahkan sebanyak 505 paket kepada panti jompo dan beberapa panti asuhan di daerah Bekasi, semoga berkenan, semoga bermanfaat dan mari semua berdoa mudah-mudahan disituasi pandemi seperti ini, bisa menjaga diri, menjaga kesehatan supaya semua sehat walafiat senantiasa dalam lindungan Allah SWT," ujar Juansih.

Dalam kesempatan itu, Juansih beserta rombongan mengecek kondisi dan berinteraksi dengan para lansia yang dirawat di panti jompo tersebut.

Juansin mengimbau para lansia untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Pengurus Panti Jompo Kasih Sayang Yati menuturkan, saat ini terdapat 35 lansia yang ditampung di panti. Ia pun berterima kasih kasih atas kunjungan dan pemberian paket sembako untuk para penghuni panti jompo.

"Terimakasih kepada Polri yang sudah hadir di Panti Jompo kasih sayang yang sudah peduli kepada kami dan selamat ulang tahun kepada Polri yang ke-75 semoga semakin maju dan sukses selalu," ujar Yati.

Sama halnya dengan pengurus panti jompo, salah satu perwakilan pengurus panti asuhan, Zarkasih menilai adanya bantuan ini, dirinya dan para lansia merasa diperhatikan dan merasa dekat dengan Polri sebagai pengayom masyarakat.

Baca juga: 1.626 KK di Tambora terima bansos paket sembako HUT Polri

"Kami merasa diperhatikan dan saat ini kami merasakan bahwa memang ternyata Polri ada di hati rakyat di kami, mudah-mudahan berkesinambungan dan kami ucapkan terimakasih," kata Zakia.

Ketua Panitia Bakti Sosial Serentak Hari Bhayangkara Irjen Pol Istiono mengatakan, penerima bantuan sembako adalah masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Total ada 272.662 paket sembako dan 272.662 botol hand sanitizer, serta 2.521.815 masker yang akan dibagikan ke masyarakat.

"Bantuan tersebut diberikan kepada lintas golongan yang sangat membutuhkan," kata Istiono yang juga Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Lintas golongan yang dimaksudkan, yaitu yatim piatu, fakir miskin, kaum dhuafa, panti jompo, panti asuhan, panti sosial, ojek pangkalan, sopir, kaum disabilitas, Purnawirawan Warakawuri TNI-Polri, tenaga medis dan UMKM.

Menurut Istiono, pembagian paket sembako ini sejalan dengan tema peringatan HUT ke-75 Bhayangkara, yakni 'Transformasi Polri yang Presisi mendukung percepatan penanganan COVID-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju'.

"Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan mulai tanggal 25 Juli hingga 9 September 2021 nanti," kata Istiono.

Sehari sebelumnya, paket sembako Polri juga disalurkan kepada 1.626 kepala keluarga di Koja Tambora, Jakarta Barat.

Baca juga: Polri bagikan 276.662 paket sembako untuk warga terdampak COVID-19
Baca juga: Polri gelar donor darah bantu penuhi kebutuhan darah wilayah DKI

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021