Jakarta (ANTARA) - Rookie tim Red Bull KTM Ajo Raul Fernandez meraih kemenangan ketiganya musim ini setelah menjuarai Grand Prix Moto2 Belanda di Sirkuit Assen, Minggu.

Fernandez start dari pole position namun kehilangan posisinya menyusul start yang buruk di lap pembuka. Sang pebalap Spanyol sempat melorot hingga P9 namun mampu menjaga ritmenya dan mengambil alih pimpinan lomba di tujuh lap terakhir hingga finis terdepan.

Pemuncak klasemen sementara Remy Gardner melengkapi selebrasi tim Red Bull KTM Ajo dengan mempersembahkan finis 1-2 untuk tim pemimpin klasemen konstruktor itu setelah melancarkan serangan larut kepada duet tim Marc VDS Augusto Fernandez dan Sam Lowes.

Baca juga: Foggia juara di Assen, Alcoba gagal konversi pole Indonesian Racing

Augusto Fernandez, yang terakhir kali naik podium ketika GP San Marino 2019, kembali naik ke mimbar setelah finis P3 dan Lowes membawa pulang poin berharga di P4, demikian laman resmi MotoGP.

Dengan hasil tersebut Gardner (184) masih mengantongi keunggulan 31 poin atas Fernandez di klasemen menuju jeda musim panas selama sebulan, diikuti oleh Marco Bezzecchi dengan 128 poin setelah finis P5 hari ini.

Lowes bertahan di peringkat empat dengan koleksi 99 poin dan Fabio Di Giannantonio di peringkat lima dengan 73 poin setelah gagal finis di Assen.

Baca juga: Dominan di Assen, Vinales rebut pole position Grand Prix Belanda

Sementara itu Thomas Luthi dan Bo Bendsneyder membawa pulang tiga poin untuk tim Pertamina Mandalika SAG setelah keduanya finis P14 dan P15.

Bendsneyder, yang mengawali balapan dari P13, harus menjalani penalti long lap ganda karena kedapatan start terlalu dini sebelum lampu merah benar-benar padam di balapan kampung halamannya itu.

Sang pebalap Belanda kini menghuni peringkat ke-13 klasemen dengan koleksi 39 poin, sedangkan Luthi di peringkat ke-29 dengan koleksi hanya empat poin setelah sembilan balapan.

Tim Pertamina Mandalika SAG saat ini berada di peringkat ke-11 dengan 40 poin, terpaut 252 poin dari Ajo Motorsport di puncak klasemen.

Baca juga: Alcoba raih pole untuk Indonesian Racing di Assen

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021