Menteri LHK: Hari Lingkungan Hidup momentum tingkatkan pelestarian

id lingkungan hidup,klhk,pelestarian alam

Menteri LHK: Hari Lingkungan Hidup momentum tingkatkan pelestarian

Tangkapan layar Menteri LHK Siti Nurbaya dalam acara virtual rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup 2021, Jakarta, Selasa (29/6/2021) (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mendorong untuk memanfaatkan momentum Hari Lingkungan Hidup untuk meningkatkan usaha pelestarian lingkungan.

"Dengan momentum Hari Lingkungan Hidup tahun 2021 ini mari kita tingkatkan usaha dan semangat kita. Kita berbuat yang bisa kita lakukan yaitu menjaga bumi dan melestarikan alam," ujar Menteri Siti dalam acara virtual dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup 2021, dipantau dari Jakarta, Selasa.

Dalam acara yang berfokus pada usaha anak-anak Indonesia menjaga alam itu, Menteri LHK mengatakan bahwa banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga alam dari usia dini.

Beberapa langkah sederhana yang dia jadikan contoh sepertinya membuang sampah pada tempatnya serta melakukan penanaman pohon.

Baca juga: Menteri LHK ajak anak-anak tanam 25 pohon untuk bantu lestarikan alam

Baca juga: Menteri LHK ajak anak-anak lakukan langkah pelestarian alam


Terkait sampah, Siti menjelaskan bahwa sampah yang dibuang sembarangan dapat memberikan beban terhadap lingkungan. Apalagi jika sampah tersebut dibuang ke sungai yang dapat berakhir ke laut dan mempengaruhi ekosistem perairan yang pada ujungnya berdampak pada manusia.

Karena itu dia mendorong agar anak-anak ikut terlibat dalam usaha pengurangan sampah plastik dengan salah satunya mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Selain itu, upaya pelestarian dapat juga dilakukan dengan memperbanyak tutupan pohon dengan cara penanaman. Hal itu dilakukan karena pohon merupakan sumber daya penting bagi ekosistem dan sebagai bentuk mitigasi bencana yang terjadi karena kehilangan tutupan hijau seperti banjir dan longsor.

"Upaya perlindungan terhadap lingkungan hidup dan alam menjadi sangat penting agar alam dapat mempertahankan fungsi dan manfaat secara terus-menerus," demikian Siti.

Baca juga: KLHK dorong akselerasi lingkungan hidup lestarikan sumber daya alam

Baca juga: KLHK: Sumber daya alam modal yang harus ditumbuhkan

Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar