Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Selasa (29/6) kemarin yang menarik untuk disimak, mulai dari Menag sowan, dosis vaksin untuk anak berusia 18 tahun ke bawah sama dengan dosis untuk usia 18 tahun ke atas. Berikut berita-berita tersebut
 

Menag sowan ke para kiai sembari sosialisasi surat edaran Idul Adha
 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sowan ke sejumlah kiai di pulau Jawa sembari menyosialisasikan surat edaran aturan penyelenggaraan Idul Adha dan kurban sebagai bentuk ikhtiar memutus rantai penularan COVID-19.
 

"Memulai perjalanan Rabu, berburu berkah saya mulai menyusuri luasnya pulau Jawa, bertemu banyak kiai dan tokoh, menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo, sekaligus mensosialisasikan (SE Idul Adha dan kurban)," ujar Menag dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.
 

Hari Keluarga Nasional, Vaksinasi COVID-19 ibu dan anak di tiga provinsi
 

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meluncurkan vaksinasi COVID-19 untuk ibu menyusui dan anak usia 12 sampai dengan 17 tahun yang dilaksanakan serempak di tiga provinsi bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28.
 

"Bertepatan dengan puncak Hari Keluarga Nasional ke-28 tahun ini juga dilaksanakan launching vaksin COVID-19 untuk anak-anak usia 12 sampai dengan 17 tahun.

Sedangkan untuk ibu hamil masih dalam kajian dalam waktu dekat mudah-mudahan bisa dilaksanakan secepatnya," kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam laporannya di puncak Hari Keluarga Nasional ke-28 yang dilakukan secara virtual dari Kota Bogor diakses dari Jakarta, Selasa.
 

Kemenkes: Varian Delta enam kali lebih cepat menular dari Alfa
 

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengemukakan varian Delta enam kali lebih cepat menular bila dibandingkan dengan varian Alfa.
 

"Kenaikan kasus kita sangat signifikan dibanding Desember 2020 dan Januari 2021. Penyebabnya mobilitas tinggi di Ramadhan dan libur Idul Fitri serta protokol kesehatan yang kendor," katanya dalam agenda webinar Ruang Tamu yang diselenggarakan Holopis secara virtual di Jakarta, Selasa.

 Dosis vaksin untuk anak sama dengan usia 18 tahun ke atas
 

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengemukakan dosis vaksin bagi kelompok usia 12 hingga 17 tahun akan diberikan sama dengan kelompok usia 18 tahun ke atas.
 

"Kalau secara suntikannya sama dengan dosis 1/2 ml untuk kelompok usia 18 tahun ke atas," katanya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa.

 13,33 juta jiwa penduduk RI telah mendapat vaksinasi dosis lengkap
 

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan sebanyak 13.329.738 jiwa penduduk Indonesia telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis lengkap, dalam upaya membentuk kekebalan kelompok dalam mengatasi pandemi COVID-19.
 

Dari angka tersebut terdapat penambahan sebanyak 147.704 jiwa pada Selasa. Sementara untuk dosis pertama terdapat penambahan sebanyak 884.876 jiwa. Dengan demikian, akumulasi penerima dosis pertama mencapai 28.304.774 jiwa.

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021