Bandarlampung (ANTARA) - Prajurit Brigade Infanteri (Brigif) 4 Marinir/BS melaksanakan program vaksinasi COVID-19 kepada warga di pulau terpencil, di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung dengan cara menjemput mereka.

"Pulau pertama yang menjadi sasaran vaksinasi yakni Pulau Tegal yang dihuni kurang lebih 35 kepala keluarga (kk)," kata Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS, Kolonel Mar, Nawawi, di Pesawaran, Jumat.

Dia menjelaskan guna menyukseskan program vaksinasi kepada semua masyarakat di penjuru negeri ini pihaknya pun menjemput warga Pulau Tegal untuk divaksinasi di Markas Komando Batalyon Infanteri 7 Marinir, di Teluk Pandan.

"Jadi mereka kita jemput menggunakan Sea Rider dan perahu karet, kemudian divaksinasi di Markas Komando Batalyon Infanteri 7 Marinir, karena di pulau tersebut jauh dari fasilitas kesehatan (faskes)," kata dia.

Baca juga: Dua pedagang di pasar Sukaraja Pesawaran positif COVID-19

Baca juga: Lampung segera laksanakan vaksinasi bagi ibu hamil dan anak


Ia menegaskan dalam hal membantu percepatan program vaksinasi ke pelosok negeri termasuk ke pulau-pulau terpencil, TNI siap mendukung pemerintah sehingga pandemi COVID-19 yang telah melanda Tanah Air selama satu setengah tahun terakhir cepat berakhir.

"Kami menyerukan gerakan ini dengan istilah serbuan amfibi vaksinasi Brigif 4 Marinir/BS,” ujarnya.

Dia pun mengajak masyarakat agar tidak takut menjalani vaksinasi sebab program ini guna meningkatkan imunitas dalam tubuh dan menjadi sesuatu yang penting dalam rangka pencegahan COVID-19.

"Kami berharap masyarakat tidak ragu lagi untuk divaksinasi agar program serbuan vaksinasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dalam pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan oleh tenaga medis dari Balai Kesehatan Piabung, Puskesmas Hanura, Lanal Lampung dan Korem 043/Gatam," kata dia.*

Baca juga: IDI Bandarlampung: Pemda harus perhatikan ketersediaan SDM nakes

Baca juga: Polda Lampung pelajari laporan Wabup Lampung Tengah langgar prokes

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021