Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Inggris dipastikan pulang ke kandang mereka Stadion Wembley untuk melakoni laga semifinal Euro 2020 selepas lolos dengan menggasak Ukraina 4-0 dalam perempat final di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Harry Kane mengemas dwigol, mengapit gol sumbangan Harry Maguire sebelum Jordan Henderson mencetak gol perdananya berseragam Inggris demi menyokong langkah tim besutan Gareth Southgate itu ke semifinal.

Inggris selanjutnya akan menghadapi Denmark yang sudah lebih dulu lolos ke semifinal setelah menyingkirkan Republik Ceko di perempat final lain, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Preview perempatfinal Euro 2020: Inggris vs Ukraina
Baca juga: Grealish: Harry Kane pemain terbaik yang pernah main dengan saya


Inggris memulai dengan sempurna dan mampu membuka keunggulan saat pertandingan baru berusia empat menit setelah Raheem Sterling mengakhiri aksinya di sisi kiri dengan mengirim umpan tarik yang sukses disambut sontekan apik Kane demi memperdaya kiper Heorhii Bushchan.

Ukraina berusaha memberikan perlawanan dan pada menit ke-17 Roman Yaremchuk berhasil menembus kotak penalti Inggris, sayang sepakannya di bawah kawalan ketat John Stones masih bisa dimentahkan oleh kiper Jordan Pickford.

Dalam beberapa kesempatan sisi kanan pertahanan Inggris yang ditempati Kyle Walker terus dimanfaatkan Ukraina untuk menekan, tetapi mereka tak kunjung menemukan penyelesaian akhir berkualitas.

Sebaliknya, Inggris hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-33 saat Declan Rice melepaskan tembakan spekulasi jarak jauh yang sayangnya bisa dimentahkan Bushchan sebelum sambaran Mason Mount atas bola muntah gagal melewati kerumunan pemain Ukraina.

Enam menit berselang, Luke Shaw mengirim umpan tarik ke tengah kotak penalti sayang tendangan penyelesaian Jadon Sancho masih mengarah lurus ke Bushchan dan hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside untuk Shaw. Bila bola masuk ke gawang, besar kemungkinan VAR akan mengesahkan gol tersebut, sebab tayangan ulang memperlihatkan Shaw tidak offside.

Baca juga: Alan Shearer puji keberanian Southgate terus berjudi pasang Sterling
Baca juga: Italia larang suporter dari Inggris saksikan perempat final Euro 2020

Keunggulan 1-0 dipertahankan Inggris hingga turun minum dan belum semenit babak kedua berlangsung The Three Lions secara gemilang menggandakan keunggulan atas Ukraina lewat Maguire.

Berawal dari pelanggaran terhadap Kane, Shaw mengirimkan tendangan bebas jadi umpan silang yang matang dan Maguire yang berdiri dalam posisi offside dan mampu mengalahkan Mykola Matvienko dalam duel udara guna menanduk bola untuk menjebol gawang Ukraina.

Gol kedua Inggris agaknya memberi kejutan besar bagi Ukraina yang gagal menggalang pertahanannya dan kebobolan lagi pada menit ke-50 lewat sundulan Kane.

Sterling secara cermat mengirim umpan tumit ke arah Shaw yang meneruskannya jadi umpan lambung disambut tandukan Kane yang membuat bola melesak di antara dua kaki Bushchan dan Inggris menambah keunggulan 3-0.

Kane nyaris melengkapi raihannya menjadi trigol pada menit ke-62 ketika ia menyambut umpan sundulan Sterling dengan sepakan voli yang tajam, sayang kali ini Bushchan mampu meninju bola.

Hasil sepak pojok peluang itu berhasil dimanfaatkan Henderson, yang baru enam menit merumput menggantikan Rice, untuk menanduk umpan kiriman Mount dan mencetak gol keempat Inggris. Gol itu menandai raihan pertama Henderson berseragam Inggris.

Baca juga: Euforia Inggris dan peluang juara Three Lions
Baca juga: Jordan Pickford menjawab semua tanda tanya


Keunggulan empat gol membuat Southgate melakukan tiga pergantian langsung menarik keluar Sterling, Shaw dan Kalvin Phillips masing-masing digantikan Marcus Rashford, Kieran Trippier dan Jude Bellingham.

Pada menit ke-70, Pickford yang tampil solid sepanjang turnamen melakukan sebuah blunder ketika keluar dari sarangnya dan gagal menyapu bola dengan sempurna, beruntung ia maupun Inggris tidak harus membayar mahal karena Ukraina gagal memanfaatkannya.

Skor 4-0 mampu dipertahankan Pickford dkk hingga peluit tanda laga usai berbunyi, dan tak hanya membukukan kemenangan dan memesan satu tempat di semifinal, Inggris juga mempertahankan torehan mereka sebagai satu-satunya tim yang belum kebobolan sepanjang putaran final Euro 2020.

Baca juga: Tundukkan Ceko 2-1, Denmark melangkah ke semifinal Euro 2020
Baca juga: Taklukkan Belgia 2-1, Italia ke semifinal Euro 2020 hadapi Spanyol
Baca juga: Spanyol ke semifinal Euro 2020 setelah menang adu penalti

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021