Kesadaran soal asuransi jiwa didorong oleh kompetensi agennya

id aaji,asuransi jiwa,asuransi kesehatan,Million Dollar Round Table,mdrt

Kesadaran soal asuransi jiwa didorong oleh kompetensi agennya

Para pembicara di konferensi pers Million Dollar Round Table (MDRT) Day Indonesia 2021 secara virtual, Selasa (6/7/2021). (ANTARA/TL/Arnidhya Nur Zhafira)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi jiwa juga turut didorong oleh peningkatan kompetensi dan etika profesi agen asuransi sebagai pemasar dan perencana keuangan.

"AAJI tidak bosan-bosannya mengajak agen-agen asuransi jiwa untuk meningkatkan kompetensi dan etika agen dengan bergabung ke Million Dollar Round Table (MDRT)," kata Togar dalam konferensi pers bersama MDRT yang digelar daring, Selasa.

MDRT sendiri adalah sebuah wadah agen asuransi jiwa yang bertaraf internasional dan menyediakan banyak kegiatan untuk menaikkan kapasitas agen baik sebagai pribadi maupun sebagai profesional.

Sebagai informasi, pada kuartal pertama tahun 2021, jumlah agen asuransi jiwa sebanyak 610.744 orang, dimana 90,6 persen dari total tenaga pemasar tersebut berasal dari saluran keagenan. Hal ini menunjukkan bahwa penetrasi asuransi jiwa sangat bertumpu pada agen.

Baca juga: Total klaim industri asuransi jiwa naik 23,5 persen pada kuartal I

Baca juga: Penyidik OJK tetapkan Ketua BPA AJB Bumiputera Nurhasanah tersangka


Dengan pertumbuhan jumlah agen berlisensi itu, Togar menegaskan, keanggotaan MDRT pun akan meningkat karena asosiasi akan terus mendorong pertumbuhan anggota MDRT untuk sejalan dengan pertumbuhan jumlah agen asuransi jiwa secara keseluruhan.

Country Chair MDRT Indonesia Miliana Marten mengatakan, dari total agen asuransi jiwa yang mencapai 610.744, baru sekira 3 persen yang bergabung dalam wadah MDRT Indonesia. Akan tetapi jumlah anggota MDRT Indonesia terus meningkat setiap tahunnya.

"Untuk tahun 2021, target kami terlampaui, awalnya 3.500 di 2021 tetapi saat ini meningkat 33 persen menjadi 3.641 anggota. Jadi untuk tahun 2022 kami optimis jumlah anggota MDRT Indonesia dapat mencapai lebih dari 5 ribu member," kata Miliana.

MDRT Day

Di sisi lain, MDRT akan menghelat MDRT Day Indonesia 2021 secara virtual yang mengambil tema "Beyond The Horizon". Acara ini dihelat selama 2 hari pada tanggal 28 dan 29 Juli 2021, dan tahun ini diharapkan dapat melebihi 6 ribu peserta.

Pembicara dalam MDRT Day Indonesia 2021 sebagian besar merupakan para agen profesional yang telah menjadi anggota MDRT lebih dari 10 tahun, baik pembicara lokal maupun internasional.

Harga tiket untuk seluruh program 2 hari tersebut sebesar Rp400 ribu.

Baca juga: Avrist Assurance catatkan laba bersih Rp126,9 miliar pada 2020

Baca juga: Industri asuransi jiwa catatkan total pendapatan Rp62,66 triliun

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar