Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia menguat pada awal perdagangan Rabu pagi, terangkat oleh sektor perawatan kesehatan dan teknologi, sementara Challenger Ltd melonjak setelah dua perusahaan AS membeli saham manajer investasi investasi tersebut.

Indeks acuan S&P/ASX 200 naik 0,26 persen menjadi diperdagangkan di 7.280,7 pada pukul 00.20 GMT dan berada di jalur untuk kenaikan sesi ketiga dalam empat sesi terakhir. Indeks S&P/ASX 200 berakhir 0,7 persen lebih rendah menjadi 7.261,8 poin, terendah dalam seminggu pada Selasa (6/7/2021).

Challenger melonjak lebih dari 13 persen untuk menjadi top gainer pada indeks acuan, setelah penyedia layanan pensiun Athene Holding Ltd dan perusahaan ekuitas swasta Apollo Global Management mengakuisisi 15 persen saham di perusahaan tersebut.

Saham perawatan kesehatan juga meningkat 1,9 persen setelah dua sesi berturut-turut jatuh dan diperkirakan akan mencetak sesi terbaik mereka dalam hampir tiga minggu.

Perusahaan biotek CSL Ltd dan pembuat perangkat medis Resmed Inc masing-masing naik 2,0 persen dan 2,1 persen.

Saham sektor teknologi terangkat 1,6 persen, mengikuti rekan-rekan mereka di Wall Street, dan bersiap untuk hari terbaik mereka dalam waktu sekitar dua minggu.

Perusahaan beli-sekarang-bayar-nanti Afterpay menguat 1,4 persen, sementara perusahaan kecerdasan buatan Appen bertambah 2,0 persen.

Saham-saham terkait emas meningkat lebih dari 1,0 persen karena harga emas menguat karena mundurnya imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Penambang emas independen utama, Newcrest Mining, bergerak naik lebih dari 1,0 persen.

Sementara itu, media lokal melaporkan penguncian COVID-19 selama dua minggu di kota terbesar di negara itu, Sydney, akan diperpanjang satu minggu lagi hingga 16 Juli.

Di tempat lain, indek acuan Nikkei 225 Jepang merosot 1,35 persen, sementara indeks berjangka E-mini S&P 500 melemah 0,14 persen.

Indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru terkikis 0,6 persen, terseret oleh kerugian saham-saham di sektor kesehatan dan konsumen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021