Jakarta (ANTARA) - Chris Paul mencetak 32 poin dan sembilan assist, sementara Devin Booker menyumbang 27 poin saat Phoenix Suns mengandalkan kedua guard terpercaya mereka untuk meraih kemenangan 118-105 atas tim tamu Milwaukee Bucks pada laga pembuka Final NBA, Selasa (Rabu WIB).

Deandre Ayton mengemas 22 poin dan 19 rebound untuk Suns yang kembali tampil di Final NBA pertama mereka sejak 1993. Phoenix belum pernah memenangkan gelar NBA.

Bintang Bucks Giannis Antetokounmpo yang sudah kembali dari cedera lutut kiri itu mengumpulkan 20 poin dan 17 rebound dalam 35 menit setelah absen pada dua pertandingan terakhir final Wilayah Timur.

Khris Middleton membukukan 29 poin untuk Milwaukee dan Brook Lopez mencetak 17 poin.

Baca juga: Bucks dan Suns berebut tahta NBA
Baca juga: Giannis Antetokounmpo diragukan main pada gim pertama final NBA


Paul yang tampil di Final NBA perdananya pada musim ke-16 itu mencetak 10 dari 12 poin untuk Phoenix dalam waktu 2:35 di akhir kuarter ketiga untuk mengubah keunggulan 74-62 Suns menjadi 86-68.

Paul mencetak total 16 poin pada kuarter ketiga saat Suns mengungguli Bucks 35-26 untuk memimpin 92-76 memasuki kuarter terakhir.

Bucks memangkas defisit menjadi 101-94 melalui umpan Antetokounmpo dengan waktu tersisa 7:16 sebelum Booker dan Paul melakukan tembakan beruntun untuk Suns. Milwaukee tidak pernah memperlebar jarak lebih dari sembilan poin sepanjang sisa permainan.

Terinspirasi dengan kembalinya Antetokounmpo, Bucks memimpin 20-18 dengan waktu tersisa 3:37 pada kuarter pertama. Namun, sebuah lemparan tiga angka dari Cameron Johnson tujuh detik kemudian memberi Suns keunggulan 21-20 dan mereka tidak pernah tertinggal lagi, lalu memimpin 30-26 pada akhir kuarter pertama dan unggul 57-49 saat turun minum.

Mikal Bridges mengakhiri malam itu dengan perolehan 14 poin, sementara Johnson dan Cameron Payne masing-masing menyumbang 10 poin untuk Suns. Pemain depan Phoenix Jae Crowder yang merupakan satu-satunya pemain di kedua tim yang pernah merasakan Final NBA itu hanya mencetak satu poin.

Baca juga: Utah Jazz berharap bisa pertahankan Mike Conley
Baca juga: Hawks angkat McMillan sebagai pelatih kepala


Paul dan Booker yang sama-sama memimpin Suns dalam perolehan poin selama musim reguler itu membuat 20 dari 40 tembakan, termasuk 5 dari 15 lemparan tiga angka.

Dalam pertandingan tersebut, efektivitas lemparan Suns secara keseluruhan Suns adalah 32,4 persen, sementara Bucks 44,4 persen.

Jrue Holiday mengumpulkan 10 poin, sembilan assist dan tujuh rebound untuk Bucks.

Suns melesakkan 25 dari 26 lemparan bebas sepanjang pertandingan tersebut.

Suns menang meski kehilangan pemain cadangan Dario Saric karena cedera lutut pada kuarter pertama. Malam itu Saric mencetak rata-rata 4,8 poin dan 2,6 rebound dalam 13 pertandingan playoff tahun ini, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Bintang NBA Luka Doncic pimpin tim Slovenia ke Olimpiade Tokyo
Baca juga: Kevin Durant akan pimpin sederat bintang baru NBA di Olimpiade Tokyo


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021