dikhawatirkan pelayanan kepada masyarakat terbengkalai
Sorong (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Provinsi Papua Barat menyatakan dalam sepekan jumlah tenaga kesehatan (nakes) terpapar COVID-19 bertambah 20 orang sehingga total  nakes terpapar bertambah menjadi 108 orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Ruddy Rudolf Lakku di Sorong, Rabu, mengatakan terpaparnya 108 tenaga medis tersebut seiring meningkatnya penyebaran COVID-19.

Dia mengatakan bahwa 108 tenaga medis yang terpapar COVID-19 di Kota Sorong tersebar di Puskesmas, Rumah Sakit Angkatan Laut, Rumah Sakit Umum Daerah Sele be Solu, Rumah Sakit Pertamina, dan Rumah Sakit Darurat Rujukan COVID-19.

Menurut dia, para tenaga medis yang terpapar COVID-19 tersebut sebagian melakukan isolasi mandiri di rumah dan ada pula di rumah sakit.

Ia menyampaikan bahwa dengan meningkatnya jumlah tenaga medis terpapar COVID-19 masyarakat diharapkan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Jika tenaga medis terpapar COVID-19 terus meningkat dikhawatirkan pelayanan kepada masyarakat terbengkalai. Tidak ada yang melayani pasien apabila tenaga medis banyak positif COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Satgas: 177 pasien COVID-19 kota Sorong dirawat di lima rumah sakit
Baca juga: Tenaga medis kota Sorong terpapar COVID-19 bertambah menjadi 88 orang


Ia mengatakan bahwa Rumah Sakit Darurat Rujukan COVID-19 di Kampung Baru sudah mulai kewalahan mengurus pasien COVID-19 karena kekurangan tenaga medis akibat banyak tenaga medis positif COVID-19.

Ruddy mengimbau kepada masyarakat agar menghilangkan pandangan bahwa virus corona sudah tidak ada, sebab adanya tambahan 20 nakes yang terpapar COVID-19 menunjukkan virus masih ada.

"Mari kita terapkan protokol kesehatan yakni rajin cuci tangan, selalu gunakan masker, jaga jarak dan hindari kerumunan demi melindungi diri dan keluarga dari penyebaran COVID-19," tambah dia.

Baca juga: Tambah 35 orang, total kasus COVID-19 Kota Sorong jadi 3.412
Baca juga: Polisi bubarkan pertandingan sepakbola di Sorong karena picu kerumunan
Baca juga: Wali Kota Sorong: Kesembuhan pasien COVID-19 mencapai 95,2 persen

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021