Jakarta (ANTARA) - Dompet digital DANA membuka program magang DANApprentice, yang merupakan bentuk dukungan akan program Kampus Merdeka yang menjadi bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI untuk menjembatani kebutuhan dunia industri dan institusi pendidikan.

Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Agustina Samara mengatakan, industri teknologi finansial merupakan bagian dari industri digital yang akan menjadi penyokong utama terwujudnya visi besar Indonesia menjadi salah satu kekuatan terbesar ekonomi digital dunia pada 2045.

Adapun untuk mendukung terealisasinya visi tersebut, dukungan SDM digital berkompetensi global menjadi kunci utamanya.

"DANApprentice digelar sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai pemain industri untuk mendukung dunia pendidikan dalam menyiapkan dan mengembangkan kompetensi talenta-talenta industri teknologi finansial Indonesia masa depan," ujar Agustina, melalui keterangannya, Jumat.

Ia menambahkan, melalui program alih pengetahuan yang akan diberikan secara intensif oleh para mentor dan profesional di bidangnya, peserta DANApprentice juga mendapatkan kesempatan untuk mempelajari secara langsung beragam tantangan nyata yang dihadapi oleh industri.

"Selain melengkapi ilmu yang telah mereka peroleh di kampus, apa yang mereka peroleh dari DANApprentice akan memperkuat daya saing mereka sebagai SDM yang siap menjawab kebutuhan industri," imbuhnya.

Belajar bisnis dan teknologi

DANA menyediakan dua pilihan bidang yang dapat diikuti oleh para mahasiswa yang berminat bergabung di DANApprentice, masing-masing adalah DANApprentech yaitu program kerja magang di divisi teknologi dan DANApprenBiz yang merupakan program kerja magang di divisi bisnis.

Peserta DANApprentech berkesempatan untuk belajar langsung tentang back-end, front-end, Data dan IT Security. Sedangkan pada DANApprenBiz para mahasiswa bisa belajar langsung dari para profesional yang menjadi mentor tentang operasional bisnis, produk dan bagaimana mengembangkan inovasi.

Fasilitas

Selain memperoleh kesempatan untuk menimba langsung dari profesional berpengalaman, para mahasiswa yang tergabung dalam program DANApprentice akan mendapatkan uang saku setiap bulannya, juga fasilitas kerja seperti laptop, email, software antivirus, dan tunjangan untuk internet. Peserta yang dinyatakan lulus, akan mendapatkan sertifikat dari DANA.

Pendaftaran program DANApprentice dibuka hingga 30 Juli 2021 bagi mahasiswa aktif yang tengah menempuh semester 5 atau 6. DANA akan memilih 50 mahasiswa untuk diberikan kesempatan melakukan kerja magang selama 6 bulan di perusahaan teknologi tersebut. Bagi yang terpilih, mahasiswa dapat menjalankan program magang dari tanggal 23 Agustus 2021.

Baca juga: LandX umumkan pencapaian tertinggi penyaluran dana ECF kuartal I 2021

Baca juga: DANA dukung pengembangan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba

Baca juga: Bayar parkir lebih mudah hasil kolaborasi DANA dan Parkee

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021