Korsel catat rekor tertinggi ketiga berturut-turut kasus baru COVID

id kasus baru COVID-19,korsel,korea selatan,infeksi covid-19

Korsel catat rekor tertinggi ketiga berturut-turut kasus baru COVID

Seorang perempuan berbelanja di sebuah toko di kawasan pusat belanja Myeongdong di tengah pandemi COVID-19 di Seoul, Korea Selatan (9/7/2021). Pemerintah Korsel mulai Senin (12/7/2021) untuk pertama kalinya akan memperketat kegiatan di Seoul dan wilayah sekitarnya, karena kasus COVID-19 terus mencatat rekor harian secara nasional. ANTARA FOTO/REUTERS/ Heo Ran/aww.

Seoul (ANTARA) - Korea Selatan mencatat jumlah infeksi COVID-19 harian baru tertinggi dalam 24 jam terakhir, demikian menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) pada Sabtu, hari ketiga berturut-turut dari rekor tertinggi dalam kasus infeksi baru.

Mulai Senin, pembatasan virus corona akan diperketat ke tingkat seketat mungkin di Seoul dan wilayah tetangga untuk pertama kalinya, kata KDCA pada hari Jumat, ketika rentetan rekor kasus baru menimbulkan kekhawatiran.

Korea Selatan mencatat 1.378 kasus baru COVID-19 pada Jumat tengah malam, naik dari rekor Kamis sebelumnya 1.316 per hari.

Korea Selatan sejauh ini bernasib lebih baik daripada banyak negara industri dalam infeksi dan kematian, dengan tingkat kematian 1,22 persen dan jumlah kasus parah pada 148 pada hari Jumat, yang jauh lebih rendah dari puncak sebelumnya pada akhir Desember.

Namun, tren yang meningkat telah memicu peringatan bahwa jumlah kasus baru mungkin hampir dua kali lipat pada akhir Juli.

Kondisi itu menyebabkan pembatasan yang lebih ketat oleh pemerintah termasuk orang-orang yang disarankan untuk tinggal di rumah sebanyak mungkin dan pertemuan sosial dibatasi untuk dua orang setelah pukul 18:00 waktu setempat dari empat hari sebelumnya.

Sekitar 11 persen dari 52 juta penduduk Korea Selatan telah menyelesaikan vaksinasi, termasuk menerima kedua suntikan untuk vaksin yang membutuhkan dua dosis, sementara 30 persen telah menerima satu dosis, kata KDCA dalam sebuah pernyataan.

Korea Selatan bertujuan untuk mencapai kekebalan kelompok sebelum November dengan menginokulasi 70 persen masyarakat dengan setidaknya satu suntikan pada September.

Total infeksi COVID-19 Korea Selatan hingga saat ini mencapai 166.722, dengan 2.038 kematian.

Sumber : Reuters
Baca juga: Cetak rekor COVID-19, Korsel perketat Seoul ke level tertinggi
Baca juga: Kasus COVID-19 meningkat, Korsel pertimbangkan pembatasan paling ketat
Baca juga: Korsel akan longgarkan aturan jaga jarak sosial pada 1 Juli

Pewarta : Azis Kurmala
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar