Vatikan: Kondisi Paus Fransiskus makin membaik

id paus francis,vatikan

Vatikan: Kondisi Paus Fransiskus makin membaik

Paus Fransiskus melambaikan tangan sebelum meninggalkan tempat misa umum mingguan, di halaman San Damaso, Vatikan, Rabu (19/5/2021). ANTARA/REUTERS/Yara Nardi/RWA

Vatikan (ANTARA) - Paus Fransiskus dikabarkan semakin membaik usai menjalani operasi usus.

Vatikan mengatakan Paus pelan-pelan mulai dapat bekerja, berjalan, dan makan dengan para pembantunya. Tes darahnya pun menunjukkan hasil yang memuaskan.

Paus berusia 84 tahun itu berada di rumah sakit usai menjalani operasi tiga jam pada Minggu untuk mengangkat usus besarnya yang mengalami penyempitan.

Baca juga: Paus Fransiskus tolak pengunduran diri kardinal Jerman
Baca juga: Paus sedih atas penemuan sisa jasad anak di sekolah Katolik Kanada


Fransiskus menjalani hari yang tenang pada Jumat (9/7) dan melanjutkan perawatan yang diperlukan, kata juru bicara Matteo Bruni.

"Pada sore hari beliau merayakan Misa Suci di kapel pribadi dan malamnya makan bersama mereka yang membantunya selama beberapa hari ini," kata Bruni dalam sebuah pernyataan.

Ini adalah kali pertama bagi Fransiskus dirawat di rumah sakit sejak diangkat sebagai paus pada 2013.

Vatikan telah mengumumkan bahwa Fransiskus akan memimpin tradisi misa Minggu siang dan menyampaikan pesan dari lantai 10 rumah sakit Gemeli, di mana kamar khusus bagi para paus disiapkan.

Misa itu akan menjadi misa pertama sejak dia terpilih yang tidak digelar di Vatikan, kecuali saat melakukan perjalanan jauh.

Sumber: Reuters

Baca juga: Usai jalani operasi usus, Paus Fransiskus dalam kondisi baik
Baca juga: Menlu AS Blinken temui Paus Fransiskus di Vatikan

Pewarta : Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar