Presiden Israel janji lanjutkan dialog dengan Palestina

id israel,palestina,isaac herzog,mahmoud abbas

Presiden Israel janji lanjutkan dialog dengan Palestina

Seorang pria Palestina bersiap melontarkan batu ke pasukan Israel saat bentrokan di halaman Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Juni 2021. (ANTARA/Reuters/Ammar Awad)

Yerusalem (ANTARA) - Presiden Israel Isaac Herzog berjanji akan melanjutkan dialog dengan mitra Palestina Mahmoud Abbas, yang menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan kepadanya via telepon, Minggu (11/7).

"Malam ini saya berbicara dengan kepala Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas yang menelepon untuk memberikan ucapan selamat atas peran baru saya. Sebagai ucapan terima kasih, saya menegaskan bahwa saya berniat untuk mempertahankan dialog dengannya seperti yang telah dilakukan oleh presiden Israel terdahulu," cuit Herzog di Twitter.

Dia juga berbagi harapan untuk "membantu mendorong hubungan dan harapan perdamaian antara dua bangsa yang hidup berdampingan."

Baca juga: Pasukan Israel serbu permukiman Silwan di Yerusalem

Menurut Kantor Berita Palestina WAFA, Abbas selama melakukan panggilan itu menekankan pentingnya mencapai perdamaian abadi di Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem.

Stasiun TV Channel 12 di Israel sebelumnya memberitakan Abbas sedang menyusun daftar tuntutan jika seandainya pembicaraan damai Palestina-Israel kembali dimulai.

Pembicaraan antara pemimpin Palestina dan Israel kandas pada April 2014 lantaran Tel Aviv menolak untuk membebaskan warga Palestina yang ditahan sejak sebelum 1993 dan menolak menghentikan kegiatan pemukiman di wilayah Palestina yang mereka duduki.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Presiden Mesir tekankan upaya pembangunan kembali Jalur Gaza
Baca juga: Indonesia desak GNB cari solusi permanen untuk Palestina

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar