Kami berterima kasih karena ini kami akan jemput ‘bola’
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menggandeng perusahaan transportasi Bluebird untuk memberikan layanan antar jemput gratis kepada para penyintas COVID-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen.

“Salah satu kendala adalah kurangnya penyintas. Kami berterima kasih karena ini kami akan jemput ‘bola’,” kata Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla di Jakarta, Senin.

Wakil Presiden RI 2004-2009 dan 2014-2019 itu mengatakan pendonor nantinya dapat menghubungi perusahaan transportasi itu dan akan diantar ke PMI dan setelah selesai donor, akan diantar kembali ke rumah.

Layanan itu diharapkan memberikan kemudahan bagi para penyintas untuk mendonorkan plasma konvalesen karena dibutuhkan untuk terapi pasien COVID-19.

“Kami akan berikan daftar-daftar dari Depkes kemudian siapa yang menjemput atau pun sukarela, siapa pun boleh menelepon Bluebird dan akan antar ke PMI, kemudian juga pulang nanti. Nanti mekanisme diatur,” ujarnya.

Baca juga: JK: Jakarta butuh 500 donor plasma konvalesen per hari

Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla (tiga kiri) memperhatikan Direktur Bluebird Sigit Priawan Djokosoetono yang berbicara dalam rangkaian kerja sama dengan PMI Pusat untuk layanan antar jemput donor plasma di Markas PMI Pusat, Jakarta, Senin (12/7/2021). ANTARA/HO-PMI Pusat/aa. 
Dengan kemudahan itu pula, lanjut dia, akan semakin mempercepat pemenuhan plasma konvalesen yang belakangan permintaannya meningkat.

Sementara itu, Komisaris Utama Blubird Group Holding Bayu Priawan Djokosoetono bantuan itu diharapkan membantu pemerintah dalam menekan angka positif COVID-19 yang belakangan meningkat.

Ia mengharapkan layanan sosial itu berdampak kepada warga yang ingin mendonorkan plasma konvalesennya khususnya diawali dari Jakarta karena pihaknya paling banyak beroperasi di Ibu Kota.

Layanan antar jemput itu, imbuh dia, merupakan kegiatan berkelanjutan setelah sebelumnya juga ada layanan mengantar warga positif COVID-19 dengan dilengkapi protokol kesehatan sesuai penanganan COVID.

“Kami siapkan sesuai kebutuhan, nanti akan kami lihat permintaannya kapan, waktu dan dimana, kami akan coba siapkan kendaraannya,” ucapnya.

Baca juga: JK: Plasma konvalesen 90 persen efektif sembuhkan pasien COVID-19

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021