Humaniora kemarin, dari penyaluran BST hingga penumpukan obat

id Humaniora,Bantuan sosial tunai,Menkes

Humaniora kemarin, dari penyaluran BST hingga penumpukan obat

Ilustrasi - Sejumlah berita humaniora pada Selasa (13/7/2021) yang masih layak untuk disimak pagi hari ini. ANTARA.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Selasa yang masih layak untuk disimak pagi hari ini, mulai dari penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang sudah disalurkan lewat PT Pos hingga penumpukan obat terapi COVID-19.

Berikut rangkuman berita Selasa,

1. Mensos: BST sudah disalurkan lewat PT Pos

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan Bantuan Sosial Tunai (BST) sudah disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sejak pekan lalu melalui PT Pos Indonesia (Persero).

"Sudah sejak pekan lalu disalurkan. Penyaluran melalui PT Pos," kata Mensos dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

2. BNPB sebut sejumlah dampak hujan intensitas tinggi di Konawe Utara

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut sejumlah dampak hujan intensitas tinggi di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara pada Senin dini hari.

"Hujan dengan intensitas tinggi memicu debit air Sungai Anggomate hingga meluap sehingga beberapa desa di tiga kecamatan terdampak," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta.

3. Menkes: vaksinasi berbayar individu untuk percepat Gotong Royong

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan latar belakang kebijakan vaksinasi berbayar bagi individu adalah demi mempercepat laju penyuntikan program Gotong Royong.

"Untuk memberikan latar belakang, pada Tanggal 26 Juni itu, ada rapat di Kemenko Perekonomian atas inisiatif dari KPC-PEN melihat bahwa vaksinasi Gotong Royong itu speed-nya sangat perlu ditingkatkan," katanya saat hadir secara virtual dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR RI dan dipantau dari Jakarta, Selasa.

4. Menkes minta 11 daerah di luar Jawa bersiap hadapi lonjakan Delta

Menteri Kesehatan Budi Gunadi meminta 11 daerah di luar Pulau Jawa untuk mempersiapkan sarana dan prasarana kesehatan menyusul indikasi peningkatan penularan varian COVID-19 jenis Delta.

"Kita mengamati bahwa beberapa daerah di luar Jawa, kita sudah memberikan indikasi terjadi peningkatan penularan dan beberapa sudah kita konfirmasi ada varian Delta," katanya saat hadir secara virtual dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR RI yang dipantau dari Jakarta, Selasa.

5. BPOM: Penumpukan obat terapi COVID-19 di PBF karena menunggu order

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito mengemukakan penumpukan stok obat terapi COVID-19 di gudang penyimpanan Pedagang Besar Farmasi (PBF) resmi tidak menyalahi aturan sebab menunggu pesanan dari konsumen.

"PBF yang resmi itu bisa jadi dianggap menumpuk obat, tapi sebenarnya itu kewenangan mereka menunggu 'order' dulu," katanya saat hadir secara virtual dalam agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR RI yang dipantau dari Jakarta, Selasa.

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar