Pihaknya menginginkan wakil gubernur yang bisa melihat Papua secara utuh
Jayapura (ANTARA) - Gubernur Papua Lukas Enembe mengharapkan calon wakil gubernur (wagub) dapat membantu tugas-tugasnya dan sejalan dengan pemikiran kepala daerah, bahkan bisa mengamankan keberpihakan kepada Orang Asli Papua (OAP).

"Saya menginginkan sosok wakil gubernur yang bisa mengamankan kebijakan, sekaligus menerjemahkan visi misi gubernur untuk kepentingan seluruh rakyat Papua," kata Lukas Enembe dalam siaran persnya, di Jayapura, Rabu.

Menurut Lukas, pihaknya menginginkan wakil gubernur yang bisa melihat Papua secara utuh bahwa Bumi Cenderawasih kaya akan sumber daya alam.

"Papua kaya akan SDA, sehingga harus dikelola dengan baik, kemudian wakil gubernur nantinya bisa membantu tugas-tugas pemerintahan dengan baik," ujar Lukas yang juga merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua.

Sebelumnya, hasil rapat pleno Partai Demokrat Provinsi Papua dalam rangka pengusulan nama calon wakil gubernur Papua menghasilkan enam nama kader terbaik partai berlambang bintang mercy tersebut.

Keenam kader partai terbaik tersebut, yakni Ricky Ham Pagawak (Bupati Mamberamo Tengah), Yunus Wonda (Wakil Ketua I DPR Papua), Usman Wanimbo (Bupati Tolikara), Tonny Tesar (Bupati Kepulauan Yapen), Yeremias Bisai (Bupati Waropen), dan Natalis Tabuni (Bupati Intan Jaya).

Jabatan Wakil Gubernur Papua sebelumnya diisi oleh Klemen Tinal, namun pada 21 Mei 2021 dikarenakan sakit, Klemen meninggal dunia di Jakarta.

Kemudian, Gubernur Papua Lukas Enembe meminta waktu 40 hari setelah kedukaan tersebut, baru membahas mengenai sosok pengganti wakil gubernur Papua selanjutnya.
Baca juga: Gubernur Papua minta masyarakat jangan terprovokasi pengisian wagub
Baca juga: Koalisi partai akan bahas kekosongan jabatan Wagub Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021