DPRD Riau desak percepat penunjukan sekda definitif

id Sekda riau,Dprd riau

DPRD Riau desak percepat penunjukan sekda definitif

Ketua Fraksi PKS DPRD Riau Markarius Anwar. ANTARA/Diana S

Pekanbaru (ANTARA) - Anggota Komisi I DPRD Provinsi Riau Markarius Anwar mendesak proses penunjukan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau definitif dipercepat karena jabatan itu memiliki peran sangat penting dalam struktur pemerintahan.

"Kita berharap ini segera diproses. Kalau sudah definitif tentu rasa tanggung jawabnya lebih besar. Beliau juga bisa segera mengambil alih komando ASN (aparatur sipil negara) sehingga kinerjanya bisa berjalan dengan baik," ucap Markarius Anwar di Pekanbaru, Rabu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih menunggu Surat Keputusan (SK) penunjukan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau. Hingga kini SK tersebut belum turun dari pemerintah pusat.

Meski begitu, politisi PKS Riau ini mengapresiasi kinerja Pj Sekdaprov Riau Masrul Kasmy karena sudah menjalankan tugasnya dengan baik selama mengisi kekosongan jabatan sekda definitif.

Baca juga: Presiden segera putuskan satu nama Sekda Riau

"Saya pikir Pj Sekdaprov masih melaksanakan tugasnya dengan baik. Walaupun begitu sekda dengan status definitif tentu lebih baik daripada penjabat. Makanya, kami minta agar penunjukannya segera dipercepat," ucap Markarius.

Sebelumnya, Pemprov Riau telah menyerahkan dokumen hasil asesmen ke Kementerian dalam negeri (Kemendagri). Dari hasil asesmen, ada tiga calon Sekdaprov Riau yang dinyatakan lulus. Ketiga nama itu yakni SF Hariyanto, Said Mustafa dan Indra Suandy.

Pihak Kemendagri kemudian meneruskan ke Sekretariat Negara untuk selanjutnya dipilih satu nama Sekdaprov Riau untuk selanjutnya dikeluarkan SK oleh Presiden.

Sebelum Presiden menandatangani SK penunjukan Sekdaprov Riau, terlebih dulu dilakukan penilaian oleh tim Tim Penilaian Akhir (TPA) Sekretariat Kabinet.

Baca juga: KPK periksa Sekda Riau

Pewarta : Diana Syafni
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar