Jadi noken ini bukan diberikan kepada semua orang yang datang ke Papua ketika PON, namun khusus bagi atlet dan ofisial saja
Jayapura (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua akan menyiapkan 25 ribu noken yang akan dibagikan kepada atlet, ofisial dan tamu yang akan datang ke Bumi Cenderawasih pada Oktober 2021.

Ketua Harian PB PON Provinsi Papua Yunus Wonda di Jayapura, Kamis, mengatakan noken-noken ini akan diberikan dengan dikalungkan pada atlet dan ofisial ketika tiba di Bandara Sentani sebagai bentuk penghargaan.

"Jadi noken ini bukan diberikan kepada semua orang yang datang ke Papua ketika PON, namun khusus bagi atlet dan ofisial saja," katanya.

Baca juga: Menpora minta noken jadi cenderamata PON XX Papua

Menurut Yunus, noken-noken yang dikalungkan tersebut berisi boneka-boneka maskot PON XX Papua seperti Drawa dan Kangpo.

"Jadi selain pengalungan noken di Bandara Sentani, juga akan dilakukan di Bandara Timika dan Bandara Merauke," ujarnya.

Dia menjelaskan PB PON sudah mensosialisasikan penggunaan noken kepada masyarakat, dan untuk menyediakannya dibutuhkan kerja sama dari mama-mama Papua pengrajut noken ini.

"Kami juga memberikan ruang atau tempat di masing-masing arena PON yang ada di empat klaster untuk mama-mama Papua menjual nokennya," katanya lagi.

Sehingga tamu yang datang ke Papua dan ingin membawa pulang cenderamata berupa noken, kata dia, bisa langsung membelinya di masing-masing arena PON pada empat klaster penyelenggara.

Baca juga: 1.000 gerabah Kampung Abar disiapkan untuk cenderamata PON 2020 Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021