Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengucapkan terima kasih kepada jurnalis yang selalu mengingatkan pemerintah dan masyarakat terkait penanganan COVID-19.

"Bukan hanya memberitakan, tapi ikut menangani dengan terus mengingatkan pemerintah dan warga," kata Riza saat webinar bersama wartawan di Jakarta, Kamis.

Riza menyatakan para pewarta daring (online) maupun elektronik sejak awal terlibat aktif mencari, menggali, dan menyampaikan informasi mengenai COVID-19 untuk masyarakat.

Terlebih, menurut Wagub DKI Jakarta, para jurnalis harus turun meliput ke lokasi yang penuh risiko tinggi terpapar COVID-19.

Pada kesempatan itu, Riza membuka diskusi dengan para pekerja media massa untuk memikirkan strategi dan konsep terkait risiko terpapar COVID-19 bagi jurnalis ketika sedang meliput di lapangan.

Baca juga: Warga yang isoman diminta manfaatkan pengobatan jarak jauh
Baca juga: Vaksinasi di Jakarta tak dibatasi zona, warga diharap segera ikut


Riza menjelaskan, Jakarta sebagai pusat interaksi masyarakat dari seluruh wilayah di Indonesia sehingga memiliki risiko tinggi terhadap penyebaran COVID-19.

Selain itu, Jakarta merupakan Ibu Kota yang tersebar pusat perkantoran, pusat perdagangan, sentral bisnis hingga pusat pemerintahan yang terdampak paparan COVID-19.

Diungkapkan Riza, DKI Jakarta memiliki fasilitas kesehatan yang lebih baik dibanding daerah lain, namun hal itu tidak akan maksimal jika masyarakat tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk mengendalikan kasus COVID-19.

"Tapi tidak ada artinya kalau kita semua warga Jakarta tidak disiplin, tidak patuh, tidak bertanggung jawab untuk tetap berada di rumah," ujar Riza.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021