Sembilan narapidana Lapas Blangpidie Aceh melarikan diri

id Aceh,lapas,Blangpidie,narapidana,kabur,melarikan diri,Aceh Barat Daya,pemerintah Aceh,Provinsi Aceh,Pemprov Aceh

Sembilan narapidana Lapas Blangpidie Aceh melarikan diri

Petugas menunjukkan jendela yang rusak narapidana saat kabur dari lapas Blangpidie, Aceh Barat Daya, Jumat (16/7/2021). ANTARA/Suprian

Banda Aceh (ANTARA) - Sembilan narapidana kasus melarikan diri setelah melukai petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya,

Kepala Lapas Kelas IIB Blangpidie Ahmad Widodo di Aceh Barat Daya, Sabtu, mengatakan para narapidana tersebut melarikan diri setelah menusuk seorang petugas, Jumat (16/7) sekira pukul 17.30 WIB.

"Para narapidana itu menusuk petugas dan menerobos sejumlah pintu penyekatan. Mereka juga sempat mendobrak pintu utama, namun tidak berhasil," kata Ahmad Widodo.

Menurut Ahmad Widodo, setelah pintu pintu utama tidak berhasil dibuka, mereka menuju aula kantor dan mendobrak pintunya. Setelah memasuki aula, mereka mendapati beberapa alat yang sering dipakai untuk kerja bakti.

Baca juga: Tiga napi di Pekanbaru dicabut remisinya karena mencoba kabur

"Ruang aula itu dijadikan gudang . Jadi, ada parang, palu dan alat-alat lain. Dengan menggunakan palu, mereka menjebol terali besi jendela. Lalu, para narapidana itu melompat keluar lapas," kata Ahmad Widodo.

Ahmad Widodo mengatakan pada saat sembilan narapidana tersebut melarikan diri ada satu regu terdiri lima petugas sedang piket. Petugas sempat menghadang para narapidana itu.

"Tapi, mereka menusuk petugas. Petugas yang ditusuk itu sekarang di Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Peukan menjalani perawatan medis," kata Ahmad Widodo.

Sementara itu, aparat gabungan Polri dan TNI mengejar narapidana yang kabur tersebut. Seorang di antaranya ditangkap saat hendak melarikan diri ke arah gunung di sekitar lapas tersebut.

Baca juga: Petugas buru seorang napi Lapas Tembilahan kabur

"Polisi dibantu anggota TNI dari Kodim 0110 Aceh Barat Daya masih mengejar mereka. Polisi juga menggelar razia di sejumlah titik untuk mempersempit ruang gerak para narapidana tersebut," kata Kapolres Aceh Barat Daya AKBP Muhammad Nasution.

AKBP Muhammad Nasution mengatakan selain razia, aparat gabungan juga menyisir di kawasan pegunungan yang berada di belakang bangunan lapas kelas IIB tersebut.

"Dari informasi awal yang kami tersebut, semua narapidana kabur tersebut melarikan diri ke arah gunung di belakang bangunan lapas," kata AKBP Muhammad Nasution.

Baca juga: Dua narapidana Rutan Kelas IIB Muntok melarikan diri

Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar