Jakarta (ANTARA) - Renault Samsung Motors Corp. akan menghentikan sementara produksi di pabriknya di kota pelabuhan tenggara Busan, Korea Selatan, karena kekurangan chip untuk kendaraan, kata perusahaan itu Minggu.

Unit Renault Korea Selatan itu akan menutup pabriknya di Busan, 453 kilometer tenggara Seoul, pada Senin selama dua hari, kata perusahaan tersebut, dilansir Yonhap.

Ini akan menjadi pertama kalinya pabrik Renault Samsung ditutup karena kekurangan chip, meskipun saingan mereka seperti Hyundai Motor Co., Kia Corp., dan GM Korea Co. telah menangguhkan atau menurunkan produksi mereka tahun ini.

"Penangguhan produksi disebabkan oleh dampak dari kekurangan chip global yang berkepanjangan," kata seorang pejabat perusahaan.

Dalam upaya untuk tidak menghalangi penjualan yang kuat dari SUV XM3 di pasar Eropa, tenaga kerja dan manajemen diharapkan untuk mempercepat negosiasi mengenai kesepakatan upah ketika pabrik Busan melanjutkan produksi Rabu, kata sumber industri.

Semua SUV XM3 yang dijual di seluruh dunia, kecuali di Rusia, diproduksi di pabrik Busan.

Menurut data yang diumumkan oleh Grup Renault pada hari Jumat, sekitar 20.000 unit SUV XM3 terjual di 28 negara Eropa, termasuk Prancis, dari Maret hingga Juni.

Baca juga: Renault gandeng dua mitra untuk pabrik baterai mobil listrik

Baca juga: Renault Megane E-Tech Eletric masuk fase praproduksi

Baca juga: Pekerja Renault-Nissan India pilih libur hindari corona
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021