berharap dapat memperkuat ketahanan pangan
Pekanbaru (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara V menyalurkan sebanyak 30.000 paket daging kurban kepada masyarakat sebagai bagian dari mendukung langkah pemerintah memperkuat ketahanan pangan dalam perayaan Idul Adha 1442 Hijriah.

Puluhan ribu paket daging qurban yang berasal dari penyembelihan 340 ekor sapi dan 60 ekor kambing di berbagai kabupaten di Riau itu merupakan sumbangan karyawan dan bersumber dari implementasi corporate social responsibility (CSR).

"Alhamdulillah. Di tahun yang penuh dengan ujian ini, PTPN V dan para karyawan masih mampu diberikan rezeki untuk berbagi melalui pelaksanaan kurban. Selain sebagai wujud keimanan, kita berharap dapat memperkuat ketahanan pangan di tengah pandemi," kata Senior Executive Vice President Business Support PTPN V, Rurianto di Pekanbaru, Selasa.

Pelaksanaan kurban dan pembagian daging kurban berlangsung mulai Selasa (20/7).

Di Pekanbaru sendiri penyembelihan 11 ekor sapi dari Kantor Pusat PT Perkebunan Nusantara V, Jalan Rambutan, dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat di mana panitia penyembelihan diwajibkan lolos tes antigen COVID-19 sebelum mulai melaksanakan tugas. Selain itu masyarakat juga bisa menyaksikan secara virtual proses penyembelihan hewan kurban itu.

Untuk itu, ia menuturkan peringatan Idul Adha menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan rasa syukur kepada Sang Khalik atas rezeki dan keberkahan yang diberikan kepada perusahaan dan karyawan.

Baca juga: Presiden Jokowi kurban sapi "limosin" 1 ton di Pekanbaru
Baca juga: Pekanbaru sediakan sebelas ribu hewan kurban


Ia mengatakan daging kurban yang telah disembelih nantinya akan dibagikan kepada masyarakat di ratusan desa terutama di sekitar unit perkebunan dan pabrik kelapa sawit PTPN V yang tersebar di enam kabupaten dan kota di Bumi Lancang Kuning.

Salah satu kelompok penerima kurban PTPN V adalah Forum Pekanbaru Kota Bertuah yang menaungi para kaum dhuafa. Mereka juga mengapresiasi langkah perusahaan yang telah membantu mereka dengan memberikan satu ekor sapi untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

"Alhamdulillah. Terima kasih kepada PTPN V yang telah menyumbangkan satu ekor sapi langsung kepada kami. Daging kurban ini akan kami salurkan kepada saudara-saudara kita agar bisa bersama merayakan hari bahagia ini," kata Ketua Forum Pekanbaru Kota Bertuah, Masril Ardi.

Baca juga: ACT NTB bagikan daging hewan kurban kepada korban kebakaran
Baca juga: Hidayat Nur Wahid salurkan daging kurban pada penderita COVID-19
Baca juga: ACT Sulteng bagikan daging 234 hewan kurban kepada warga

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021