Saham Australia naik hampir 1,0 persen, terkerek sektor tambang-energi

id saham Australia,indeks ASX,indeks NZX

Saham Australia naik hampir 1,0 persen, terkerek sektor tambang-energi

Ilustrasi - Pasar Saham, Bursa Efek dengan bendera Australia.ANTARA/Shutterstock/pri (Shutterstock)

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia naik sekitar 1,0 persen pada awal perdagangan Kamis pagi, dengan BHP Group memimpin di antara saham pertambangan setelah penambang global itu menandatangani kesepakatan pasokan nikel dengan pembuat mobil listrik AS Tesla.

Indeks acuan S&P/ASX 200 terangkat 0,7 persen menjadi diperdagangkan pada 7.360,3 poin dalam 30 menit pertama perdagangan, dengan saham energi mencatat keuntungan terbesar. Indeks S&P/ASX 200 ditutup naik 0,8 persen menjadi 7.308,7 poin sehari sebelumnya.

Wall Street berakhir lebih tinggi untuk sesi kedua berturut-turut semalam, dengan investor mengalihkan fokus ke laporan laba perusahaan. Di tempat lain, indeks acuan Nikkei 225 Jepang menguat 0,6 persen.

Saham pertambangan melonjak 2,1 persen, dengan kenaikan kuat diraih oleh Iluka Resources Ltd dan Coronado Global Resources Inc.

Baca juga: Wall Street berakhir naik, Indeks Dow Jones terangkat 286,01 poin

BHP Group melonjak sekitar 3,0 persen setelah menandatangani kesepakatan dengan Tesla dan akan bekerja dengan pembuat mobil itu untuk menurunkan emisi karbon dalam rantai pasokan baterai.

Bulan lalu Tesla mengatakan pihaknya memperkirakan akan menghabiskan lebih dari 1 miliar dolar AS per tahun untuk bahan baku baterai dari Australia mengingat industri pertambangan yang andal di negara itu dan praktik produksi yang bertanggung jawab.

Newcrest Mining naik tipis 0,2 persen setelah tambang andalannya Cadia mengalahkan perkiraan produksi emas tahunannya.

Northern Star Resources bertambah hampir 2,0 persen setelah perusahaan mengumumkan penjualan operasi Kundana di Australia Barat kepada Evolution Mining Ltd seharga 400 juta dolar Australia (294,20 juta dolar AS).

Baca juga: Harga minyak melonjak meski stok AS naik, Brent terangkat 4,2 persen

Saham-saham sektor energi melonjak lebih dari 2,0 persen, dipimpin oleh Santos Ltd yang terangkat 2,89 persen.

Santos menguat setelah produsen gas itu menaikkan batas bawah dari prospek produksi tahunannya dan melaporkan kenaikan pendapatan kuartalan sebesar 37 persen.

Sektor keuangan menguat 0,8 persen, dengan semua bank "Empat Besar" diperdagangkan di wilayah positif.

Saham sektor teknologi naik 0,7 persen, dipimpin oleh Computershare Ltd yang meningkat 2,95 persen, diikuti oleh Megaport Ltd yang bertambah 2,53 persen.

Di Selandia Baru, indeks acuan S&P/NZX 50 naik 0,17 persen menjadi diperdagangkan di 12.731,3 poin, dengan persentase keuntungan tertinggi diraih EBOS Group Ltd yang naik 1,05 persen, diikuti oleh Heartland Group Holdings Ltd naik 1,0 persen dan Investore Property Ltd naik 0,99 persen.

Baca juga: Saham Spanyol melambung, Indeks IBEX 35 melonjak 2,50 persen

Pewarta : Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar