Basarnas hentikan pencarian orang hilang di Limapuluh Kota

id Basarnas Limapuluh kota,orang hilang

Basarnas hentikan pencarian orang hilang di Limapuluh Kota

Basarnas Limapuluh Kota bersama dengan tim gabungan saat mencari korban Hasnadi (30) yang dinyatakan hilang saat ingin berziarah ke salah satu pusara keluarganya di Talang Maua, Kabupaten Limapuluh Kota. (ANTARA/HO-Basarnas Limapuluh Kota)

Sarilamak (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Limapuluh Kota, Sumatera Barat menghentikan pencarian terhadap Hasnadi (30) yang dinyatakan hilang saat ingin berziarah ke salah satu pusara keluarganya di Talang Maua pada Kamis (15/8).

Koordinator Pos Basarnas Limapuluh Kota, Robi Saputra di Sarilamak, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya harus menghentikan pencarian yang telah dilangsungkan selama tujuh hari.

"Kami telah melakukan upaya dengan melakukan tracking dan penyisiran cermat, teliti dan mengamati segala ceceran atau tanda tanda survivor namun hasil masih nihil," ujarnya.

Ia mengatakan pada hari ke lima korban sempat terlihat oleh warga. Korban terlihat linglung dan mondar mandir di area hutan dan kemudian menghilang.

"Dari pengembangan informasi tersebut menjadi perhatian khusus oleh pihak posko dan segera memfokuskan area pencarian ke lokasi titik duga namun hasil tetap nihil," kata dia.

Baca juga: Meninggal, pemudik seberangi sungai Riau menuju Sumbar ditemukan SAR

Baca juga: Tim SAR belum temukan nelayan hilang di Sumbar


Dari keterangan yang didapatkan saat pelaksanaan evaluasi bersama tim Basarnas, SAR gabungan, pihak nagari dan Babinsa diketahui bahwa korban memiliki kebiasaan hilang seperti saat ini dan akan pulang dengan sendiri.

"Sementara dengan tidak ada tanda-tanda lagi maka sesuai SOP, tim SAR akan menutup ops SAR ini secara resmi pada pukul 13.00 WIB," ujarnya.

Ia mengatakan pencarian akan kembali dilakukan saat didapati tanda-tanda atau hal yang merupakan titik terang dari keadaan korban.

Tim gabungan yang terlibat dalam pencarian, yakni Basarnas, perangkat nagari, Damkar Limapuluh kota, KSB, media, BPBD, PMI, orari, palito dan lainnya.

Sebelumnya, seorang pria, Hasnadi (30) yang berasal dari Ujung Batu, Kepulauan Riau dinyatakan hilang saat ingin berziarah ke salah satu pusara keluarganya di Talang Maua, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Yang bersangkutan berniat menjenguk orang tuanya sakit di Talang Maua Kecamatan Mungka, setelah dari rumah orang tua survivor melanjutkan berziarah ke kuburan melewati hutan namun hingga sore survivor tidak kembali pulang," ujarnya.

Baca juga: Proses evakuasi diupayakan SAR untuk pendaki di Gunung Marapi

Baca juga: Tiga pelajar Bukittinggi tenggelam di Pantai Gandoriah

 

Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar