Indika Energy donasikan Rp50 miliar untuk atasi pandemi

id Indika Energy,oksigen medis,pandemi COVID-19,vaksin gotong royong,Kadin Indonesia

Indika Energy donasikan Rp50 miliar untuk atasi pandemi

Indika Energy Grup menyalurkan bantuan 8.000 silinder oksigen medis berukuran 40 liter, 47 liter, dan 50 liter yang sudah terisi kepada Kadin Indonesia untuk dibagikan ke berbagai rumah sakit di Tanah Air. ANTARA/HO-Indika Energy.

Jakarta (ANTARA) - Indika Energy Grup mendonasikan Rp50 miliar sepanjang Januari hingga Juli 2021 sebagai bagian dari komitmen membantu Indonesia pulih dari pandemi COVID-19.

Terbaru, perusahaan bidang energi itu menginisiasi program bantuan 8.000 silinder oksigen berukuran 40 liter, 47 liter, dan 50 liter yang sudah terisi kepada organisasi pengusaha Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

“Inisiatif Oksigen Untuk Negeri ini kami harapkan dapat membantu pemenuhan dan pengadaan kebutuhan oksigen medis, serta mempercepat distribusi dan perputaran tabung oksigen di rumah sakit," kata Wakil Direktur Utama dan Grup CEO Indika Energy Azis Armand dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Aziz menjelaskan silinder oksigen itu akan disalurkan secara bertahap kepada rumah sakit yang tersebar di Indonesia melalui mekanisme rotasi atau swap untuk menggantikan silinder yang sudah kosong.

Selain memberikan bantuan oksigen, Indika Energy melalui anak usahanya Tripatra Engineers and Contractors juga turut mendukung pembangunan rumah oksigen gotong-royong yang diinisiasi oleh Kadin di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Rumah oksigen itu merupakan fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan bagi warga yang terpapar COVID-19 dengan gejala ringan sampai sedang.

Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid menyampaikan apresiasi kepada para pelaku usaha yang turut membantu pemenuhan kebutuhan oksigen yang akan disalurkan untuk kamar darurat di rumah sakit.

“Kami telah menggaungkan gerakan Kadin Perang Lawan Pandemi dan mengajak dunia usaha untuk bersatu dan bergotong-royong membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19 yang belum kunjung berakhir,” ujar Arsjad.

Sepanjang 2020, Indika Energy Group juga telah melakukan berbagai upaya lainnya untuk membantu penanganan pandemi, seperti membangun fasilitas pengetesan PCR dan pusat isolasi, maupun berbagai inisiatif lainnya dengan total nilai bantuan sebesar 5,9 juta dolar AS atau ekuivalen dengan Rp86 miliar.

Tahun ini, emiten berkode saham INDY itu masih melakukan inisiatif sosial termasuk membantu pembangunan rumah sakit dan akademi keperawatan, hingga mendukung program vaksinasi gotong-royong bagi karyawan perusahaan di seluruh wilayah operasionalnya.

Baca juga: Indika Energy akuisisi tambang emas di Sulawesi Selatan

Baca juga: Gandeng India, Indika Energy mantap kembangkan listrik tenaga surya

Baca juga: Indika Energy jadi "bapak asuh" organisasi panahan

 

Pewarta : Sugiharto Purnama
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar