Yogyakarta (ANTARA News) - Produk olahan tanaman lidah buaya asal Provinsi Kalimantan Barat,saat ini mampu menembus pasar negara-negara di Asia.

"Produk olahan lidah buaya tersebut berupa makanan dan minuman memang banyak diminati masyarakat lokal maupun mancanegara. Apalagi sebagian masyarakat Kalimantan Barat banyak membudidayakan tanaman lidah buaya dan diolah menjadi makanan camilan dan minuman," kata Staf Pemasaran Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Oktivianti, di Yogyakarta, Minggu.

Di sela-sela kegiatan Pasar Tani yang diikuti 23 provinsi di Indonesia dan berlangsung sejak 15 hingga 17 Oktober 2010, ia mengatakan hasil olahan lidah buaya produk Kalbar yang berupa makanan dan minuman ini telah diekspor ke sejumlah negara tetangga.

"Hasil olahan lidah buaya ini berupa makanan camilan yaitu dodol lidah buaya, coklat, jely, kerupuk lidah buaya, minuman, teh serta selai telah diekspor ke Malaysia, China dan Jepang," katanya.

Oktivianti juga mengatakan, para pengolah lidah buaya selalu rutin menyetor hasil olahan lidah buaya untuk dijual di sejumlah supermarket di wilayah Kalimantan Barat dan Malaysia.

"Dalam satu bulan para pengolah lidah buaya dapat menjual sekitar 500 dos makanan camilan dodol lidah buaya, untuk jenis lainnya mereka jual ke sejumlah perusahaan yang khusus mengolah pengolahan lidah buaya karena masyarakat belum mempunyai peralatan untuk mengolah secara modern," katanya.

Ia mengatakan, untuk harga jual lidah buaya dari para pengolah yakni Rp5.000 hingga Rp20.000/kg. "Jika sudah diolah perusahaan maka akan berbeda harganya," katanya.

Oktivianti juga mengatakan, lidah buaya juga mempunyai faedah yang multifungsi, selain dapat dimakan juga digunakan sebagai alat kosmetik dan obat.

"Lidah buaya di Kalimantan Barat juga diolah dalam bentuk kosmetik misalnya sabun dan `hand body lotion`. Selain itu juga dapat mengobati berbagai penyakit di antaranya luka bakar, jerawat dan eksim," katanya.

Oktivianti mengatakan, kandungan nutrisi yang terdapat dalam tanaman lidah buaya sangat banyak dibutuhkan oleh tubuh dan mempunyai manfaat bagi tubuh.

"Kandungan nutrisi yang terdapat dalam lidah buaya di antaranya vitamin A, B1,B3,B12,C, mineral, enzim dan asam amino yang semua unsur tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh dan penyakit lainnya," katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga melakukan pembinaan kepada sejumlah petani dan pengolah lidah buaya."Kami selalu membina para petani dan pengolah tanaman lidah buaya melalui kegiatan bengkel kerja yang sering dilaksanakan setiap beberapa bulan sekali," katanya

Ia juga mengatakan pembinaan yang diberikan ke sejumlah para petani dan pengolah lidah buaya berbeda. "Untuk para petani lidah buaya, kami memberikan pembinaan tentang cara pembudidayaan tanaman lidah buaya. Sedangkan untuk para pengolah lidah buaya kami berupaya memberikan pembinaan tentang bagaimana mengemas hasil olahan lidah buaya agar menarik di pasaran," katanya.(*)
(ANT/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010