Amerika dipecundangi Prancis tutup hari pertama basket putra

id olimpiade tokyo,basket putra olimpiade,timnas basket amerika,timnas basket prancis,evan fournier

Amerika dipecundangi Prancis tutup hari pertama basket putra

Pebasket Prancis Rudy Gobert (kanan) berjibaku dengan pemain Amerika Serikat Draymond Green berebut bola rebound dalam pertandingan penyisihan Grup A bola basket putra Olimpiade Tokyo di Saitama Super Arena, Saitama, Jepang, Minggu (25/7/2021). ANTARA/REUTERS/POOL/Aris Messinis/aa.

Jakarta (ANTARA) - Amerika Serikat dipecundangi oleh Prancis dan menelan kekalahan 76-83 menjadi sajian yang menutup rangkaian hari pertama cabang olahraga bola basket putra Olimpiade Tokyo di Saitama Super Arena, Minggu.

Guard Evan Fournier memimpin kemenangan Prancis dengan raupan 28 poin, diikuti Rudy Gobert yang mencetak 14 poin dan Nando de Colo 13 poin, demikian catatan statistik laman resmi Olimpiade Tokyo.

Bagi Amerika, Jrue Holiday, yang pekan lalu baru membawa Milwaukee Bucks menjuarai NBA, jadi pendulang angka terbanyak lewat 18 poin dan tujuh rebound diikuti dwiganda 12 poin dan 10 rebound milik Bam Adebayo.

Baca juga: Timberwolves halang-halangi Juancho bela Spanyol dalam Olimpiade
Baca juga: Talenta NBA persengit persaingan basket Olimpiade Tokyo


Sementara Damian Lillard hanya mencetak 11 poin dan Kevin Durant 10 poin, di tengah akurasi tembakan terbuka Amerika yang hanya mencapai 36 persen dibandingkan 46 persen milik Prancis.

Amerika sebetulnya memimpin relatif meyakinkan 45-37 hingga dua kuarter pertama, tapi Prancis tampil efisien untuk memulai kebangkitan di kuarter ketiga.

Sebuah tembakan tiga angka dari Thomas Heurtel pada sisa waktu dua menit 42 detik kuarter ketiga membuat Prancis berbalik memimpin 55-54. Heurtel melesakkan tripoin lagi untuk menutup kuarter ketiga dalam kedudukan 62-56 bagi Prancis.

Amerika sempat bangkit di separuh kuarter keempat dan memimpin lagi hingga 69-65 lewat tembakan dua angka Zach LaVine dan keunggulan itu susah payah dipertahankan hingga raib pada sisa waktu 57 detik kala Guerschon Yabusele melesakkan tripoin untuk Prancis yang kembali unggul 76-74.

Alih-alih bangkit, Amerika terjebak beberapa foul play yang membuat Prancis melenggang mengamankan kemenangan 83-76 berkat kesuksesan memanfaatkan tujuh dari delapan kesempatan tembakan bebas.

Dalam pertandingan lain di Grup A yang berlangsung lebih awal, Republik Ceko mampu menundukkan Iran 84-78.

Sedangkan di Grup B Italia mengatasi Jerman 92-82 dan Australia melibas Nigeria 84-67.

Basket putra akan dilanjutkan dengan dua pertandingan Grup C antara Argentina vs Slovenia dan Jepang vs Spanyol pada Senin (26/7).

Baca juga: Tim USA kalah lagi, kali ini dalam ekshibisi Olimpiade lawan Australia
Baca juga: Bintang NBA Finals absen bela Tim AS pada laga pembuka Olimpiade Tokyo
Baca juga: Tim basket putra AS junjung semangat Kobe Bryant di Olimpiade Tokyo

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar