Puan: Capaian prestasi lifter Eko Yuli patut dicontoh generasi muda

id DPR RI,Puan Maharani,Eko Yuli,Olimpiade Tokyo 2020

Puan: Capaian prestasi lifter Eko Yuli patut dicontoh generasi muda

Ketua DPR RI Puan Maharani. ANTARA/DPR RI.

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan capaian prestasi bersejarah yang ditorehkan atlet angkat besi atau lifter Indonesia Eko Yuli Irawan patut dijadikan teladan bagi para atlet lain dan generasi muda di segala bidang.

Dia menyampaikan rasa salut dan apresiasi atas capaian prestasi Eko Yuli Irawan yang berhasil meraih medali perak dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020.

"Pencapaian prestasi Eko Yuli tersebut tidak hanya mencetak sejarah namun bisa dijadikan teladan bagi para atlet lain dan generasi muda bangsa pada umumnya di segala bidang," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Ketua DPR bangga medali pertama Indonesia di Tokyo diraih perempuan

Menurut dia, pencapaian bersejarah Eko Yuli tersebut sangat luar biasa karena mampu meraih empat medali dalam empat kali pelaksanaan Olimpiade.

Sebelum meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020, Eko Yuli Irawan pernah meraih medali perak di Olimpiade Rio 2016, kemudian perunggu di Olimpiade London 2012, dan Olimpiade Beijing 2008.

"Eko Yuli Irawan bukan hanya tampil, tetapi dia telah mencetak sejarah sebagai atlet nasional Indonesia dengan meraih medali terbanyak sepanjang ajang Olimpiade. Saya sungguh salut atas pancapaian Eko Yuli," ujarnya.

Baca juga: Ketua DPR: Anggaran penanganan COVID-19 juga untuk lindungi anak

Puan mengatakan perjalanan hidup Eko yang lahir dari keluarga sederhana dan pernah bekerja menggembalakan kambing, namun saat ini telah bertransformasi menjadi "olympian" yang mencetak sejarah dan mengharumkan nama bangsa.

Menurut dia, kisah hidup Eko tersebut sangat luar biasa dan inspiratif dari "zero to hero" sehingga layak jadi teladan bagi generasi muda bangsa Indonesia.

Dia meyakini medali perak yang diperoleh Eko Yuli adalah "anak tangga" bagi atlet Indonesia lain untuk menggapai medali emas dan akhirnya bisa membawa Indonesia ke peringkat 40 besar sesuai target nasional di Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: DPR: Pemerintah harus transparan terkait data penanganan COVID-19

“Sebelumnya Windy Cantika Aisah menorehkan perunggu, kini Eko Yuli Irawan meraih perak, dan semoga selanjutnya ada medali emas yang berhasil digapai atlet-atlet Indonesia," katanya.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu mengatakan di cabang olahraga bulutangkis yang menjadi andalan Indonesia, atlet-atlet Merah Putih belum terkalahkan dan saat ini masih pada fase penyisihan.


Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar