Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Kepolisian Resor Metro Bekasi mengerahkan tim patroli vaksin dari Satuan Lalu Lintas yang bertugas mengecek status vaksinasi warga di wilayah hukum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Polisi Hendra Gunawan mengatakan tim patroli vaksin diterjunkan sebagai upaya mendukung pemerintah menyukseskan akselerasi vaksinasi masyarakat guna mempercepat terciptanya kekebalan kelompok.

"Kita ingin angka mortalitas dan fatalitas COVID-19 turun, khususnya di wilayah hukum kami," katanya usai melepas tim patroli vaksin di Mapolres Metro Bekasi, Senin.

Baca juga: Sebelas daerah Jabar terapkan PPKM Level 3

Hendra menjelaskan tugas tim patroli vaksin selain mengecek kelengkapan kartu vaksin warga adalah monitoring penerapan protokol kesehatan mulai dari sektor industri, pasar dan pusat perekonomian serta perbelanjaan, hingga permukiman warga.

Memasuki PPKM Level 4, kata dia, pengawasan protokol kesehatan di Kabupaten Bekasi semakin ditingkatkan untuk menurunkan level kasus. Masyarakat juga sedianya sudah mulai sadar akan pembatasan mobilitas di level ini.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi AKBP Argo Wiyono mengatakan kendaraan roda dua dan empat telah diterjunkan untuk melakukan patroli ke seluruh sektor aktivitas masyarakat mulai kawasan permukiman dan komunitas dari pintu ke pintu, perkantoran, hingga kawasan industri.

Argo mengatakan tugas utama tim patroli vaksin adalah melakukan pendataan warga yang berstatus sudah maupun belum tervaksin.

"Biasanya kami menanyakan surat-surat kendaraan sekarang menanyakan surat atau kartu vaksin," katanya.

Dia menyebut kartu vaksin saat ini sifatnya wajib seperti SIM (Surat Izin Mengemudi) dan harus dimiliki oleh seluruh masyarakat yang sudah memenuhi syarat. Melalui patroli vaksin ini diharapkan mempercepat herd immunity di wilayah Kabupaten Bekasi ini.

"Tujuan utamanya itu, karena salah satu upaya penanganan agar kasus COVID-19 tidak terjadi kenaikan tinggi dan termasuk menekan angka kematian," ucapnya.

Tim patroli vaksin ini juga bertugas melakukan imbauan protokol kesehatan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Tim patroli vaksin juga akan mengecek pelaksanaan isolasi bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri," kata dia.

Baca juga: Kemenkes: Keterbatasan stok pengaruhi pemerataan distribusi vaksin
Baca juga: Pasar Tanah Abang dibuka, pengunjung wajib tunjukkan kartu vaksin

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021