Kalau kita mau menyiapkan timnas, mutlak saratnya adalah memberi kesempatan untuk pemain bermain di dalam kompetisi yang kompetitif
Jakarta (ANTARA) - Manajer Madura United Rahmad Darmawan yang akrab disapa Coach RD mengingatkan pentingnya kompetisi Liga 1 2021 harus segera berjalan demi prestasi Tim Nasional Indonesia.

Sebab, ASEAN Football Federation (AFF) telah memastikan tiada perubahan jadwal dalam perhelatan Piala AFF 2020 yang akan digelar pada Desember 2021 hingga Januari 2022.

"Muara kompetisi adalah timnas. Kalau kita mau menyiapkan timnas, mutlak saratnya adalah memberi kesempatan untuk pemain bermain di dalam kompetisi yang kompetitif," katanya, dikutip dari laman resmi klub, Senin.

Baca juga: LIB: Liga 1 dan 2 siap digelar begitu ada 'lampu hijau' pemerintah

Dengan begitu, pemain akan terus terasah kualitas permainannya secara keseluruhan.

Juru taktik Laskar Sape Kerrab itu menyadari situasi sekarang ini yang tengah menghadapi pandemi COVID-19, tetapi kompetisi juga penting segera dimulai.

Ditambah lagi, kata pelatih asal Lampung itu, tiada yang bisa memastikan jangka waktu wabah akan berakhir.

Karena itu, Coach RD menegaskan pentingnya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) segera memutar kompetisi demi prestasi Timnas Indonesia.

Pengundian (drawing) turnamen yang diikuti timnas dari Asia Tenggara itu juga sudah ditetapkan akan dilakukan pada 10 Agustus 2021.

Baca juga: Madura United pastikan Zulfiandi tetap prioritas lini tengahnya

Agar Tim Garuda itu bisa berbicara banyak di Piala AFF, Coach RD meminta federasi sepak bola Indonesia segera menghelat Liga 1.

Tujuannya, sosok yang pernah membesut Timnas Indonesia itu mengatakan pemain bisa lebih matang dan siap menatap turnamen akbar itu. Karena, mereka melalui Liga 1 2021-2022 yang kompetitif.

Di sisi lain, kata Coach RD, dengan diputarnya Liga 1 bisa menjadi percontohan kepada cabang olahraga atau sektor lain dalam menghelat acara di tengah wabah COVID-19.

Seperti diketahui, Liga 1 sudah terhenti sejak Maret 2020 lalu, kemudian PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersepakat untuk kembali menggelar kompetisi pada Juli ini.

Namun, seiring kebijakan PPKM, kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia itu diundur hingga pertengahan Agustus 2021.

Baca juga: Striker Madura United Kevy kerap tambah menu latihan mandiri
Baca juga: Madura United belum putuskan jadwal latihan bersama

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021