Jakarta (ANTARA News) - Puteri Indonesia Lingkungan 2009, Zukriatul Hafizah, akan mewakili Indonesia di ajang "Miss International 2010" pada 7 November 2010 di Sichuan, Provinsi Chengdu, China.

"Keikutsertaan dalam ajang ini merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan citra Indonesia yang indah ke hadapan publik dunia," kata Kusuma Dewi Sutanto, ketua bidang Pendidikan Yayasan Puteri Indonesia (YPI) kepada pers, di Jakarta.

Menurutnya, puteri Indonesia itu akan memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia melalui berbagai cara, seperti menampilkan pakaian daerah Gorontalo, serta tarian Nandak Ganjen asal Betawi.

Fiza, panggilan Hafizah, mengatakan alasan menggunakan pakaian adat Gorontalo yang berwarna ungu itu karena ia merupakan Puteri Indonesia Lingkungan 2009 dan pakaian Gorontalo memiliki banyak arti.

Seperti perhiasan yang terdapat di atas kepala Fiza menyerupai daun pengayoman yang melambangkan hubungan antar manusia dengan tuhan.

Bendera melambangkan hubungan antar sesama manusia, perhiasan kepala berbentuk ayam yang berarti induk ayam selalu melindungi anak-anaknya apabila terdapat serangan.

Daun pisang juga tidak kalah bermanfaat karena meskipun ia belum berbuah ia tetap hidup dan memberikan banyak keuntungan dan naga yang dalam agama berarti Sang Pencerah.

"Ayam dan daun pisang adalah makhluk hidup yang harus dilindungi," katanya di Jakarta, Senin.

Untuk mempromosikan produk dalam negeri, ia akan menggunakan busana rancangan desainer lokal, seperti Allera, Parang Kencana, Lenny Agustin, Imelda Kartini, dan Intan Avantie.

Sedangkan pada malam "Grand Final", Fiza akan mengenakan busana rancangan Albert Yanuar dengan perhiasan dari "Jewels of Eden" dan sepatu Bellagio.

Selain memperkenalkan kekayaan Indonesia dengan menggunakan pakaian adat Gorontalo, Fiza juga akan memberikan kapal phinisi sebagai tanda Indonesia negara maritim terbesar di dunia untuk hadiah lelang amal.

Serta menarikan tarian dari Jakarta, Nandak Ganjen pada saat "talent night", "Karena Jakarta merupakan campuran Arab, China, Portugis maka tarian yang berceritakan tentang anak gadis sedang menari untuk menarik perhatian ini sangat bagus ditampilkan di Cina," katanya.

Aktivitas yang akan dilakukan Fiza pada karantina nanti diantaranya adalah mengunjungi Shanghai Expo, berwisata ke kota tua bersejarah di China, melihat panda di Sichuan Pnda Base dan berinteraksi dengan anak-anak cacat di sebuah sekolah.

Sebelum berangkat, Yayasan Puteri Indonesia atau YPI telah mempersiapkan Fiza dengan beberapa aktivitas pembekalan baik fisik maupun mental diantaranya, pengetahuan umum, bahasa Inggris, "Public Speaking", dan kepribadian.

Ajang yang diselenggarakan secara rutin oleh "International Cultural Assosiation" ini mendapatkan partisipasi dari Mustika Ratu, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo atau LPPMS dan Taman Sari Royal Heritage Spa untuk perawatan kecantikan dan kesehatan.(*)
(T.M-PAD/A025/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010