Seruan MUI: Peran konglomerat dibutuhkan bantu warga saat pandemi

id anwar abbas,MUI,Satgas COVID-19,pengusaha asal Aceh Akidi Tio (alm),konglomerat,bantu,rakyat,pandemi,sumsel

Seruan MUI: Peran konglomerat dibutuhkan bantu warga saat pandemi

Wakil Ketua Umum MUI KH Dr  Anwar Abbas. (FOTO ANTARA/HO-Dokumentasi Humas Muhammadiyah)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum MUI KH Dr  Anwar Abbas menyatakan partisipasi konglomerat sangat dibutuhkan dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 baik di sisi kesehatan maupun ekonomi terutama kepada mereka yang berada di bawah garis kemiskinan.

"Untuk itu kehadiran dari para konglomerat dan orang-orang kaya di negeri ini untuk membantu pemerintah dan masyarakat secara finansial sangat-sangat diharapkan," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Menurut dia gerakan-gerakan sosial kemanusiaan seperti yang dicontohkan pengusaha asal Aceh Akidi Tio (alm) melalui keluarganya patut dicontoh dan dijadikan gerakan masif untuk penanganan COVID-19.

Keluarga Akidi Tio menyumbang uang tunai sebesar Rp2 triliun ke Pemprov Sumatera Selatan. Dana itu akan disalurkan ke dalam berbagai bentuk bantuan seperti logistik, makanan peralatan medis, obat-obatan, dan bentuk sarana kebutuhan lainnya.

"Seperti yang telah dilakukan oleh pengusaha Akidi Tio di Palembang, Sumsel, tentu jelas sangat diharapkan sekali karena kalau selama ini mereka sudah panen dan menikmati hasil dari usahanya maka sekarang sudah tiba pula waktunya bagi mereka untuk juga mau berbagi," ujarnya.

Di satu sisi, ia juga mendorong pemerintah untuk tetap menyalurkan kebutuhan bagi masyarakat seiring dengan berbagai kebijakan pembatasan yang dikeluarkan.

Pemerintah, kata dia, wajib memenuhi warga negaranya dan tak boleh membiarkan mereka kebingungan. Dengan sinergi yang tercipta, ditambah kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan, maka Indonesia akan terbebas dari krisis sekaligus mengakhiri pandemi COVID-19.

"Untuk itu bagi membantu pemerintah dalam mengatasi masalah tersebut kontribusi serta partisipasi dari warga bangsa di dalam membantu warga masyarakat yang memang sangat terpukul oleh COVID-19 dan oleh kebijakan PPKM ini tentu jelas sangat-sangat diharapkan," demikian Anwar Abbas.

Baca juga: Pengusaha asal Aceh sumbang Rp2 triliun bantu Sumsel atasi COVID-19

Baca juga: MUI serukan masyarakat sama-sama sukseskan PPKM Darurat

Baca juga: Ketua DPD ajak konglomerat bantu ekonomi masyarakat

Baca juga: IDI berkolaborasi dengan masyarakat bantu nakes di tengah pandemi

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar