Sektor pertambangan melonjak 1,7 persen mencapai rekor tertinggi, dibantu oleh kenaikan 3,0 persen Fortescue Metals Group Ltd menyusul angka kuartalannya yang kuat.
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia menguat pada awal perdagangan Kamis pagi, didorong saham teknologi dan penambang dengan Fortescue Metals naik setelah rekor pengiriman kuartal keempat dan harga komoditas yang lebih kuat membantu penambang bijih besi mengalahkan perkiraan tahunannya.

Indeks acuan S&P/ASX 200 terangkat 0,4 persen menjadi diperdagangkan di 7.412,1 poin pada pukul 12.49 GMT. Indeks acuan ditutup 0,7 persen lebih rendah pada Rabu (28/7/2021).

Pasar menunjukkan sedikit reaksi terhadap laporan bahwa New South Wales, negara bagian terpadat di Australia, mencatat kenaikan harian terbesar dalam kasus COVID-19 sejak pandemi dimulai ketika penduduk ibu kota negara bagian Sydney menghadapi satu bulan lagi di bawah pembatasan ketat untuk membasmi varian Delta.

Baca juga: Saham Australia dibuka tergelincir terseret perpanjangan penguncian

Sektor pertambangan melonjak 1,7 persen mencapai rekor tertinggi, dibantu oleh kenaikan 3,0 persen Fortescue Metals Group Ltd menyusul angka kuartalannya yang kuat.

Rival Rio Tinto dan BHP masing-masing menambahkan lebih dari 3,0 persen mencapai tertinggi sepanjang masa.

Saham-saham teknologi naik lebih dari 2,0 persen, dengan saham Iress Ltd melonjak 16,2 persen ke level tertinggi dalam lebih dari setahun setelah perusahaan fintech itu menolak tawaran pengambilalihan dari perusahaan ekuitas swasta EQT.

Saham-saham terkait emas naik lebih dari 1,0 persen karena harga emas lebih tinggi, dengan Regis Resources dan Northern Star Resources masing-masing bertambah 5,6 persen dan 1,0 persen.

Baca juga: Wall Street ditutup beragam, Fed masih jauh dari kenaikan suku bunga

Melawan suasana optimis, keuangan tergelincir 0,2 persen dengan bank "Empat Besar" jatuh antara 0,2 persen hingga 0,7 persen.

Saham Macquarie Group memperpanjang kerugian ke sesi ketiga berturut-turut setelah konglomerat keuangan itu memangkas kisaran pembayaran dividennya meskipun melaporkan kenaikan laba kuartal pertama.

Saham sektor energi terangkat 0,3 persen dengan Woodside Petroleum dan Whitehaven Coal masing-masing naik 1,3 persen dan 0,9 persen.

Di seberang Laut Tasman, indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru menguat 0,7 persen, dengan saham perawatan kesehatan dan utilitas memimpin kenaikan.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021