Jakarta (ANTARA) - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memastikan pasokan gas ke Singapura yang sebelumnya sempat berkurang telah kembali normal hari ini.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan bersama konsorsium West Natuna Transportation System (WNTS) telah mengoperasikan kembali Lapangan Anoa, sehingga meningkatkan pasokan gas ke Singapura.

"SKK Migas bersyukur kegiatan operasi telah berjalan normal kembali," kata Julius Wiratno dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan alasan pengurangan pasokan gas itu karena unplanned shutdown di Lapangan Anoa, Kepulauan Riau pada 21 Juli 2021.

Kemudian pada 23 Juli 2021, pasokan dari Lapangan Gajah Baru juga sempat berhenti karena ada perbaikan yang sudah direncanakan sebelumnya dan telah dikomunikasikan kepada pembeli.

Penghentian pasokan dari kedua lapangan tersebut menyebabkan penurunan tekanan jalur pipa ke Singapura, sehingga suplai gas menurun.

SKK Migas memastikan peningkatan pasokan gas ke Singapura dengan beroperasinya kembali lapangan Anoa yang dioperasikan oleh Premier Oil Natuna Sea BV, Rabu kemarin (28/7).

Kini Singapura telah menerima kembali suplai gas dengan volume penuh sesuai kontrak sekitar 300 MMSCFD, setelah pasokan gas dikirim bertahap dari Lapangan Anoa.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021