Jakarta (ANTARA) - Sejumlah kesepakatan barter antara tim-tim NBA dilaporkan mewarnai rangkaian ajang perekrutan pemain NBA Draft 2021 yang dilangsungkan di Barclays Center, New York, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Salah satu yang paling menarik perhatian tentunya laporan barter yang membuat Los Angeles Lakers mendapatkan Russell Westbrook dari Washington Wizards.

Berikut sejumlah laporan kesepakatan barter yang dicantumkan dalam NBA berbarengan dengan rangkaian NBA Draft 2021:

Lakers dapatkan Westbrook

Dalam sepekan terakhir kabar upaya Lakers mendapatkan Westbrook dari Wizards berhembus kencang dan pada Jumat pagi tadi kolumnis ESPN Adrian Wojnarowski dan kolumnis The Athletic Shams Charania melaporkan kedua tim telah mencapai kesepakatan.

Lakers mendapatkan Westbrook untuk bergabung dengan duo bintang LeBron James dan Anthony Davis serta dua hak pilih putaran kedua NBA Draft 2024 dan 2028 dari Wizards.

Sebagai gantinya, Lakers mengirimkan Kyle Kuzma, Kentavious Caldwell-Pope, Montrezl Harrel dan pilihan ke-22 NBA Draft 2021, Isaiah Jackson, ke Wizards.

Baca juga: Lakers pertimbangkan Russell Westbrook untuk bergabung

Cavaliers dapatkan Ricky Rubio

Wojnarowski dan kolumnis The Athletic Jon Krawczynski melaporkan Cleveland Cavaliers telah mencapai kesepakatan dengan Minnesota Timberwolves untuk mendapatkan point guard kawakan Ricky Rubio, yang saat ini tengah tampil membela Spanyol di Olimpiade Tokyo 2020.

Rincian kesepakatannya adalah Cavaliers mendapatkan Rubio dibarter dengan mengirimkan forward Taurean Prince, sejumlah uang dan hak pilih putaran kedua NBA Draft 2022.

Baca juga: Ricky Rubio jadi MVP Piala Dunia FIBA sekaligus pimpin All-Star

Suns dapatkan Landry Shamet

Setelah mencapai final NBA untuk pertama kalinya dalam 28 tahun terakhir, Phoenix Suns dilaporkan telah mencapai kesepakatan bersama Brooklyn Nets untuk memperkuat roster mereka dengan mendapatkan guard Landry Shamet.

Wojnarowski melaporkan Suns membarterkan Shamet dengan mengirim Jevon Carter dan pilihan ke-29 NBA Draft 2021 Day'Ron Sharpe ke Nets.


Hornets dapat Plumlee dan ambil alih pilihan ke-19

Charlotte Hornets dilaporkan mencapai kesepakatan untuk mendapatkan center Mason Plumlee dari Pistons.

Bagian kesepakatan lainnya adalah pilihan ke-37 NBA Draft 2021 JT Thor juga menyeberang ke Hornets, sebaliknya pilihan ke-57 Balsa Koprivica hijrah ke arah berlawanan gabung bersama Pistons.

Hornets juga dilaporkan mencapai kesepakatan dengan New York Knicks untuk mengambil alih hak pilih ke-19, yang mereka pakai untuk merekrut Kai Jones, dibarter dengan hak pilih putaran pertama masa mendatang.


Pacers berburu dua rekrutan putaran pertama

Indiana Pacers melakukan dua kesepakatan barter dengan dua tim berbeda yakni Milwaukee Bucks dan Washington Wizards demi memburu kesempatan memperoleh dua rekrutan di putaran pertama NBA Draft 2021.

Pacers terlebih dulu melakukan barter dengan Bucks untuk mendapat hak pilih ke-31 dengan mengirimkan hak pilih ke-54 dan ke-60 serta dua hak pilih putaran kedua Draft masa mendatang.

Lantas Pacers mengirimkan guard Aaron Holiday dan hak pilih ke-31 tersebut demi mendapatkan pilihan ke-22 yang direkrut Wizards, Isaiah Jackson. Sebagai gantinya Wizards mendapatkan Isaiah Todd, pilihan ke-31.

Baca juga: Aaron Holiday pimpin Pacers kalahkan Timberwolves
Baca juga: Aaron Holiday pimpin Pacers hempaskan Hawks

Rockets ambil alih hak pilih ke-16

Houston Rockets dilaporkan sepakat mengambil alih hak pilih ke-16 Draft 2021 yang sedianya milik Oklahoma City Thunder, dengan mengirimkan hak pilih putaran pertama di masa mendatang.

Rockets menggunakan hak pilih tersebut --dipilihkan Thunder-- untuk merekrut Alperen Sengun yang merupakan peraih penghargaan Pemain Terbaik Liga Bola Basket Turki 2021.


Knicks dan Clippers barter pilihan putaran pertama

New York Knicks dan Los Angeles Clippers dilaporkan sepakat barter pilihan putaran pertama masing-masing di Draft 2021. Knicks mengirimkan hak pilih ke-21 ke Clippers dan sebaliknya mendapatkan hak pilih ke-25.

Dengan demikian Keon Johnson yang direkrut Knicks di urutan ke-21 hijrah ke Clippers, sebaliknya Clippers mengirimkan rekrutan mereka dalam pilihan ke-25 Quentin Grimes ke New York.


Grizzlies dapatkan pilihan ke-10

Memphis Grizzlies menjadi satu-satunya tim yang mendapatkan hak pilih 10 teratas Draft 2021 melalui skema barter.

Ziaire Williams yang dipilih New Orleans Pelicans sebagai rekrutan ke-10 Draft 2021, menjadi bagian dari skema barter yang juga mengirimkan Steven Adams dan Eric Bledsoe ke Grizzlies demi mendapatkan Jonas Valanciunas.

Barter itu juga membuat Grizzlies mendapat hak pilih ke-40 yang belakangan mereka kirimkan ke Utah Jazz dalam kesepakatan lain untuk mendapatkan hak pilih ke-30.

Grizzlies mendapat rekrutan ke-30 Draft 2021 Santi Aldama, sedangkan Jazz memperoleh Jared Buttler.

Baca juga: Pistons pilih Cade Cunningham jadi rekrutan pertama NBA Draft 2021

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021