Ringkasan basket Olimpiade: Belgia, China jejaki perempat final putri

id olimpiade tokyo,basket olimpiade,basket putri olimpiade,basket putri belgia,basket putri china,basket putri amerika,basket putri prancis

Ringkasan basket Olimpiade: Belgia, China jejaki perempat final putri

Pebasket Belgia Emma Meesseman beraksi dalam laga penyisihan Grup C bola basket putri Olimpiade Tokyo 2020 melawan Puerto Rico di Saitama Super Arena, Saitama, Jepang, Jumat (30/7/2021). ANTARA/REUTERS/Brian Snyder.

Jakarta (ANTARA) - Tim Belgia dan China sama-sama memastikan menjejaki babak perempat final bola basket putri Olimpiade Tokyo 2020 selepas rangkaian pertandingan yang dilangsungkan di Saitama Super Arena, Jumat.

Keduanya sama-sama memenangi pertandingan kedua masing-masing di fase penyisihan dan memastikan finis di dua tempat teratas klasemen akhir Grup C nantinya.

Dalam dua pertandingan lain di Grup B, Amerika Serikat menundukkan tuan rumah Jepang dan Prancis memetik kemenangan perdana dengan mengatasi Nigeria.

Baca juga: Basket putri Jepang jungkalkan Prancis, Amerika atasi Nigeria

Berikut ringkasan pertandingan-pertandingan bola basket Olimpiade Tokyo 2020 hari Jumat:

Belgia 87 - Puerto Rico 52 (Grup C Putri)

Setelah kejar-kejaran poin di lima menit pertama, Belgia mencengkeram penuh keunggulan atas Puerto Rico hingga menang 87-52 berkat tingkat konversi tembakan terbuka 52 persen dibandingkan 24 persen milik lawannya.

Power forward Emma Meesseman memimpin Belgia dengan raihan dwiganda 26 poin dan 15 rebound, diikuti kakak beradik Mestdagh yang total menyumbangkan 33 poin, 18 dari Hanne dan 15 milik Kim.

Di kubu Puerto Rico, shooting guard Jazmon Gwathmey seolah memikul sendirian timnya dengan koleksi 20 poin, sementara rekan-rekannya gagal mencapai dua digit angka.

Baca juga: Tim putri Amerika Serikat sabet emas Olimpiade perdana basket 3x3

Amerika Serikat 86 - Jepang 69 (Grup B Putri)

Jepang yang mampu mengejutkan Prancis di laga pertama sempat memimpin 30-28 atas Amerika hingga kuarter pertama berakhir. Namun para srikandi Paman Sam tetap tenang dan melesakkan 54 persen tembakan terbuka untuk menang 86-69 atas tuan rumah.

A'Ja Wilson dan Breanna Stewart sama-sama mencapai raihan dwiganda, masing-masing lewat 20 poin dan 10 rebound serta 15 poin dan 13 rebound, diikuti 14 poin dari Brittney Griner, 12 poin Jewell Loyd dan 11 poin Diana Taurasi.

Jepang berusaha mengandalkan tripoin, tapi hanya mampu melesakkan 10 dari 38 percobaan dan Maki Takada menyumbangkan 15 poin disusul Saki Hayashi 12 poin dan Monika Okoye 11 poin.

Prancis 87 - Nigeria 62 (Grup B Putri)

Prancis memetik kemenangan perdana mereka di Grup B dengan mengatasi Nigeria 87-62 disokong konversi 50 persen tembakan terbuka mereka, dibandingkan 35 persen dari sang lawan.

Sandrine Gruda mencetak 14 poin dan sembilan rebound, sedangkan Endene Miyem, Gabby Williams, Marine Jonanes dan Alix Duchet masing-masing menyumbangkan 13 poin.

Bagi Nigeria hanya Promise Amukamara dan Ezinne Kalu yang mencapai dua digit angka, masing-masing dengan 11 poin dan 10 poin.

Baca juga: Luka Doncic bawa Slovenia ke perempat final basket Olimpiade

China 76 - Australia 74 (Grup C Putri)

Laga ketat antara China kontra Australia menutup rangkaian pertandingan bola basket Olimpiade Tokyo 2020 pada hari Jumat.
Australia sempat membuat kebangkitan dramatis hingga menyamakan kedudukan 74-74 pada sisa waktu dua detik, sayang Cayla George melakukan pelanggaran berbuah dua lemparan bebas yang dikonversi Li Yueru untuk mengunci kemenangan China 76-74.

Wang Siyu jadi penyumbang angka terbanyak kemenangan China dengan 20 poin diikuti 12 poin milik Li Yueru, 11 poin Li Meng dan 10 poin Yang Liwei.

Forward tim WNBA Seattle Storm, Ezi Macbegor, mengumpulkan 15 poin untuk Australia, disusul 11 poin dari Jenna O'Hea dan 10 poin milik Cayla George.

Baca juga: Lillard pimpin AS kembali ke jalur kemenangan usai lumat Iran 120-66

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar