Jakarta (ANTARA) - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara bersama beberapa elemen mahasiswa lain menggelar vaksinasi COVID-19 di Universitas Bhayangkara (Ubhara) Jakarta Raya, Bekasi, Jawa Barat.

Koordinator Pusat BEM Nusantara, Dimas Prayoga dalam keterangannya diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan kegiatan itu dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dimas mengatakan ada tujuh elemen yang tergabung dalam kegiatan vaksinasi massal mahasiswa ini, bahkan pihaknya akan menggelar vaksinasi massal mahasiswa hingga ke daerah-daerah.

"Kegiatan ini kita mulai dari GOR Bulungan kemarin dan akhirnya kemudian kegiatan vaksinasi kolaborasi mahasiswa nasional ini akan kita gulirkan di daerah-daerah," kata Dimas.

Baca juga: Alumni Akpol 91 gencarkan vaksinasi percepat "herd immunity"

Dimas menyampaikan total ada 1.100 mahasiswa yang akan divaksin di Ubhara pada Sabtu 31 Juli 2021. Selain itu, vaksinasi digelar di UIN Surakarta, Jawa Tengah.

"Hari ini (31/7) berjalan kegiatan vaksinasi di Jawa Tengah, tepatnya di Kampus UIN Surakarta yang diikuti sebanyak 2.000 mahasiswa," ucap Dimas.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasi terkait kegiatan vaksinasi tersebut. Kegiatan vaksinasi merupakan program strategis pemerintah dalam rangka mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok.

"Hari ini saya tentunya sangat mengapresiasi kerja sama dari rekan-rekan yang tergabung di dalam aliansi BEM," kata Listyo.

Listyo mengaku senang melihat keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan vaksinasi. Mulai dari kesiapan sebagai administrasi, petugas screening, hingga vaksinator.

"Semuanya ternyata ikut di dalam kegiatan tersebut. Tentunya ini menjadi hal yang baik yang bisa kita sinergikan," ucapnya.

Baca juga: Menparekraf tinjau sentra vaksinasi COVID-19 di Petak Enam

Rektor Ubhara Jaya, Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Bambang Karsono mengaku senang kampusnya dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan vaksinasi mahasiswa. Dia mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Kita bersyukur, sekali lagi bahwa begitu niat yang tulus dan baik ini, terutama kepada adik-adik mahasiswa generasi muda bangsa yang harapannya begitu besar untuk divaksinasi. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar sampai selesai, sampai tahapan berikutnya yang kedua dan sebagainya," katanya.

Selain Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kegiatan vaksinasi massal mahasiswa dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Aloysius Suprijadi, Dandim 0507 Bekasi Kolonel Arm Iwan Apriyanto, dan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono.

Baca juga: Polri perluas cakupan vaksinasi ke wilayah pinggiran dan 'slum area'

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021