tahun kedua diarahkan untuk pengembangan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang didukung peningkatan infrastruktur dan kualitas penyelenggaraan pemerintahan
Purwokerto (ANTARA) - Pemkab Purbalingga, Jawa Tengah menjadikan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat menjadi program prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

"Peningkatan ekonomi jadi salah satu program prioritas dalam arah kebijakan daerah Purbalingga selama lima tahun ke depan," kata Wakil Bupati Purbalingga Sudono melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Sabtu.

Pada tahun pertama RPJMD program yang diprioritaskan adalah peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat berbasis pengembangan sumber daya lokal yang didukung peningkatan kualitas infrastruktur dasar yang memadai.

Sementara, tahun kedua diarahkan untuk pengembangan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang didukung peningkatan infrastruktur dan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

Tahun ketiga, diarahkan pada peningkatan kualitas manusia dan kesejahteraan masyarakat yang didukung penguatan perekonomian daerah serta penguatan penyelenggaraan pemerintahan dan desa.

"Sementara tahun keempat diarahkan untuk peningkatan kualitas manusia dan kesejahteraan masyarakat dengan didukung peningkatan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan perdesaan berbasis pengembangan ekonomi lokal," katanya.

Dia juga menambahkan tahun kelima diarahkan pada penguatan daya saing dan kemandirian melalui peningkatan kualitas manusia dan penguatan perekonomian daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dia mengatakan bahwa pihaknya optimistis bahwa dalam lima tahun ke depan Purbalingga memiliki momentum yang baik untuk meraih pertumbuhan perekonomian.

"Antara lain dengan semakin terbukanya akses wilayah setelah beroperasinya Bandara JB Soedirman, yang tentu saja harus diiringi dengan pilihan yang tepat dalam pengambilan kebijakan dan prioritas pembangunan," katanya.

Dia berharap dengan adanya kerja sama seluruh pihak maka Purbalingga akan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Dia juga berharap RPJMD yang telah disusun akan dapat menjadi pedoman seluruh pihak dalam rangka menumbuhkan perekonomian di wilayah setempat.

"Kami optimistis perekonomian Kabupaten Purbalingga akan tumbuh semakin baik," katanya.
Baca juga: Desa Wisata Serang di Purbalingga Jateng tutup sementara selama PPKM
Baca juga: Pemkab Purbalingga dorong UMKM terus berinovasi dan berkreasi

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021