Jakarta (ANTARA) - Kontingen China kian menjauh di puncak klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 saat tuan rumah Jepang melewatkan kompetisi hari ini tanpa satu emas pun.

Dari 21 medali emas yang diperebutkan sepanjang Sabtu, sebarannya cukup merata dengan ada 17 negara yang meraihnya dan hanya China, Swiss, Amerika Serikat dan Britania Raya yang memetik dua keping emas hari ini.

China mendapatkannya lewat lifter Lyu Xiaojun pada nomor 81kg putra dan peselancar angin Lu Yunxiu pada nomor Windsurfer RS:X putri.

Mereka kini menduduki puncak klasemen perolehan medali dengan total 21 emas, 13 perak dan 12 perunggu, sedangkan Jepang yang hanya bisa menambah satu keping perak dan perunggu tetap posisi kedua dengan 17 emas, lima perak dan delapan perunggu.

Baca juga: Jamaika sapu medali 100m putri, Thompson-Herah dekati rekor Flo Jo

Dua medali emas Amerika hari ini datang dari cabang olahraga renang di mana Caeleb Dressel menjuarai gaya kupu-kupu 100m putra sembari mematahkan rekor dunia dan Kathleen Ledecky berjaya pada gaya bebas 800m putri.

Sementara itu tambahan satu medali emas bagi Selandia Baru melalui tim rugbi seven membuat mereka menembus 10 besar melompati Jerman yang turun ke urutan 11.

Sedangkan kontingen Indonesia gagal menambah medali setelah pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan takluk kepada wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dalam perebutan perunggu.

Indonesia yang tak beranjak dari koleksi satu perak dan dua perunggu melorot lagi ke urutan ke-53 klasemen perolehan medali.

Baca juga: Dressel, Ledecky dan McKeown tambah perolehan emas

Berikut 10 besar klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 hingga Sabtu, seturut laman resmi kompetisi:

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021