Ginting berharap menangi medali perunggu dari Olimpiade perdana

id bulu tangkis,olimpiade tokyo 2020,tunggal putra,pp pbsi,anthony sinisuka ginting,chen long

Ginting berharap menangi medali perunggu dari Olimpiade perdana

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengusap dahinya saat melawan tunggal putra China Chen Long dalam semifinal Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Minggu (1/8/2021). Anthony Sinisuka Ginting gagal melaju final setelah kalah 16-21, 11-21. Ia akan menghadapi Kevin Cordon dari Guatemala dalam perebutan medali perunggu. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis Anthony Sinisuka Ginting menuturkan harapannya untuk bisa membawa pulang medali perunggu bagi Indonesia dari Olimpiade perdananya di Tokyo.

Pernyataan itu ia sampaikan setelah gagal melaju ke babak final akibat dikalahkan pebulu tangkis asal China, Chen Long, di babak empat besar tunggal putra Olimpiade Tokyo, Minggu.

"Ini (medali) akan sangat berarti bagi saya. Ini Olimpiade pertama saya, dan saya sudah berusaha keras. Mencapai tahap ini (semifinal) adalah mimpi yang jadi kenyataan, karenanya saya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini," kata Ginting lewat informasi resmi BWF di laman resminya.

Baca juga: Kerja keras Ginting dipatahkan Chen Long di semifinal Tokyo 2020

Lawan yang dihadapi Ginting di babak semifinal merupakan atlet yang kenyang asam garam. Dari pengalamannya yang lebih panjang, Chen Long sudah mengoleksi dua medali Olimpiade.

Medali pertamanya adalah perunggu yang didapat di London 2012. Baru di Rio 2016, Chen Long menyabet medali emas.

Ginting mengaku kesulitan bermain melawan Chen Long. Dalam pertandingan selama 56 menit itu, Ginting yang sudah bermain maksimal tetap tak bisa mendobrak dominasi lawannya.

"Saya lihat permainannya hari ini berbeda dari pertemuan kami sebelumnya. Dia tidak sering angkat bola, itulah sebabnya dia bisa mengendalikan permainan dari awal sampai selesai. Dia juga tidak membuat kesalahan, dia pemain yang sangat fokus," ujar Ginting soal permainan Chen Long.

Baca juga: Pelatih ingatkan Ginting tak remehkan Chen Long meski lebih unggul

Meski menelan kekecewaan, namun peraih medali perak Asian Games 2018 ini masih bersikukuh untuk menggondol medali perunggu dari Olimpiade Tokyo.

Pada pertandingan penentuan hari Senin pukul 18.00 WIB, ia akan menghadapi pebulu tangkis Guatamela, Kevin Cordon.

"Saya kecewa dengan permainan tadi karena tidak mudah sampai sini (semifinal), tapi ya mau bagaimana lagi. Pasti ada pemenang dan yang kalah, tapi saya harus bangkit secepat mungkin karena besok ada satu pertandingan penting lainnya," Ginting menuturkan.

Setelah ini Ginting akan fokus untuk beristirahat dan berharap staminanya bisa pulih untuk laga penentuan besok.

Baca juga: (Round up) Greysia/Apriyani dan Anthony Ginting ukir catatan manis

Pewarta : Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar