Kami akan mempersiapkan timnas Indonesia secara maksimal karena PSSI ingin meraih kemenangan dan tentunya dapat lolos ke Piala Asia 2023
Jakarta (ANTARA) - PSSI terus mengupayakan pemusatan latihan (TC) tim nasional Indonesia tetap digelar pada awal Agustus 2021, tetapi hal itu bergantung pada perkembangan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

"PSSI tentu berkoordinasi dengan semua pihak agar timnas Indonesia dapat menggelar TC pada awal Agustus," kata Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu.
 
Menurut pria asal Gorontalo itu, keputusan mengenai kelanjutan PPKM Level 4 akan menentukan lokasi pelaksanaan TC. Setidak-tidaknya, ada tiga kota yang disiapkan PSSI menjadi tempat TC.

"PSSI menyiapkan sejumlah kota untuk menggelar TC timnas Indonesia seperti Jakarta, Palembang dan Samarinda," kata Yunus.

Berdasarkan kalender sepak bola, jadwal terdekat, Indonesia akan menghadapi babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan pada 7 September dan 12 Oktober 2021.

PSSI menargetkan skuad Garuda memenangi laga itu dan lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Kami akan mempersiapkan timnas Indonesia secara maksimal karena PSSI ingin meraih kemenangan dan tentunya dapat lolos ke Piala Asia 2023," tutur Yunus.

Sementara soal kedatangan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, PSSI menyatakan bahwa juru taktik asal Korea Selatan itu akan kembali ke Indonesia pada Agustus 2021.

Terkait PPKM, pemerintah Indonesia awalnya menetapkan PPKM Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021.

Namun, karena kasus COVID-19 meninggi termasuk di luar Jawa-Bali, PPKM Darurat kemudian diperpanjang sampai 25 Juli 2021, tetapi dengan nama baru yaitu PPKM Level 4.

PPKM Level 4 itu kembali diperlama durasinya, kali ini sampai 2 Agustus 2021. Hampir seluruh provinsi di wilayah Indonesia memiliki wilayah yang menerapkan PPKM Level 4 tersebut.

Saat PPKM Darurat maupun Level 4, tidak diperkenankan adanya kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan yang dapat membuat kerumunan.

Hal itu membuat TC timnas Indonesia, yang rencananya dimulai 1 Agustus 2021, ditunda.

Baca juga: PSSI tak masalah AFC undi ulang Grup G-K Kualifikasi Piala Asia U-23
Baca juga: PSSI kerja sama dengan Polri dalam berbagai aspek sepak bola
Baca juga: PSSI: TC timnas Indonesia mulai 1 Agustus di Samarinda atau Palembang

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021