Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa mengecek dan meninjau kesiapan pembangunan instalasi Rumah Sakit Lapangan II Yonkes Divif 1/1 Kostrad untuk membantu penanganan pasien COVID-19.

"Semua rumah sakit perlu, dan tidak bisa membantu rumah sakit yang lainnya. Oleh karena itu harus kita tempelkan supaya bisa beroperasi lapangan ini," kata Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kasad: Kami sudah mengakomodasi calon taruna yang terpapar Corona

Sejak mulai didirikan di area Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jenderal TNI Andika Perkasa memantau secara rutin perkembangan persiapan rumah sakit lapangan tersebut.

Di hari pertama didirikan, Kasad mengecek semua kesiapan personel hingga logistik yang dibutuhkan para personel misalnya kebutuhan air, listrik, alat komunikasi, hingga jaringan komunikasi.

Selain itu, termasuk pula memeriksa kesiapan alat kesehatan, obat-obatan, tenaga kesehatan, hingga hal-hal penunjang rumah sakit lainnya.

Total sudah ada 25 tenda yang didirikan lengkap dengan alat kesehatan di Rumah Sakit Lapangan II Yonkes Divif 1/1 Kostrad tersebut. Selain itu juga terdapat tenda IGD Observasi, tenda farmasi, tenda laboratorium.

Rumah sakit lapangan tersebut juga dilengkapi tenda radiologi, tenda ICU, ruang operasi, tenda perawatan untuk pasien laki-laki dan perempuan serta tenda pemulasaraan jenazah.

Kemudian, terdapat juga tenda disinfektan untuk para tenaga kesehatan yang digunakan setelah selesai bertugas di rumah sakit lapangan.

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa juga memerintahkan agar sesegera mungkin mengoperasikan Rumah Sakit Lapangan milik Batalyon Kesehatan I Divisi Infanteri I Kostrad guna percepatan penanganan pasien COVID-19.

Baca juga: BOR RSUD Jati Padang turun 50 persen saat perpanjangan PPKM
Baca juga: BOR rumah sakit di Kota Tangerang kembali turun jadi 68 persen
Baca juga: Kodim 0911/Nunukan siapkan personil jaga jenazah COVID-19 di RS

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021