Kendari (ANTARA News) - Kepala Dinas Sosial Sulawesi Tenggara (Sultra), Nuhung Makati, mengatakan, saat ini ada sekitar 100 kepala keluarga (KK) pengungsi dari Wasior yang sedang dalam perjalanan menunju Sultra.

"Saya sudah mendapat laporan dari Kadis Sosial Kota Baubau, bahwa saat ini ada sekitar 100 KK pengungsi Wasior menuju Pelabuhan Baubau menggunakan kapal Pelni," kata Nuhung Makati, di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, terkait kedatangan pengungsi Wasior, pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa kepala dinas sosial se-Sultra, agar bersiap-siap.

"Saya yakin, pengungsi Wasior yang akan tiba itu, akan tersebar di beberapa kabupaten/kota di Sultra, karena itu masing-masing dinsos harus bersiap-siap mengantisipasi," katanya.

Katanya, ia sudah memerintahkan kepada Kadis Sosial Kota Baubau agar langsung melakukan pendataan pengungsi tersebut ketika mereka tiba di Pelabuhan Baubau.

Terkait kebutuhan makanan saat mereka tiba di Pelabuhan Baubau kata Nuhung, Dinas Sosial Sultra siap menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa beras, mie instan dan bahan makanann instan lainnya.

"Untuk kebutuhan makanan mereka saat tiba di Pelabuhan Baubau, kami sudah mempersiapkannya, hingga mereka bisa tiba di kabupaten atau daerah tujuannya di Sultra," pungkasnya. (ANT-176/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010