Jakarta (ANTARA) - Australia akan menantang Amerika Serikat dalam semifinal bola basket putra Olimpiade Tokyo 2020 seusai melumat Argentina 97-59 dalam pertandingan perempat final di Saitama Super Arena, Jepang, Selasa.

Pasukan Boomers yang masuk perempat final berbekalkan catatan sapu bersih kemenangan pada fase penyisihan grup tampil begitu efisien dan mengkonversi 49 persen percobaan tembakan terbuka mereka, demikian statistik laman  Olimpiade Tokyo 2020.

Patty Mills kembali menjadi penopang kemenangan Australia dengan meraih 18 poin, diikuti masing-masing 12 poin dari Matisse Tybulle dan Jock Landale, 11 poin milik Joe Ingles serta double-double 10 poin dan 10 rebound yang dicetak Nic Kay.

Baca juga: Prancis capai semifinal basket putra usai menang kontra Italia

Sementara kubu Argentina yang cuma mencapai tingkat konversi tembakan terbuka 34 persen, hanya Nicolas Laprovittola dan Gabriel Deck yang mencapai raihan angka dua digit. Laprovittola mencetak 16 poin, sedangkan Deck membuat double-double dengan 12 poin dan 10 rebound.

Argentina sebetulnya mengawali pertandingan dengan baik dan sempat memimpin 18-10 pada sisa waktu tiga menit 14 detik kuarter pertama kala Laprovittola melesakkan tembakan tripoin.

Keunggulan Argentina terpangkas, tetapi mereka tetap mampu menutup kuarter pertama dengan keunggulan 22-18 saat Laprovittola mencetak poin dari paint area.

Sayang grafik penampilan Argentina kemudian melorot dan Australia terlebih dulu menyamakan kedudukan 24-24 dalam dua menit awal kuarter kedua lewat lemparan tiga angka Ingles.

Baca juga: Luka Doncic cemerlang lagi, Slovenia lewati Jerman ke semifinal

Nyaris dua menit berlalu tanpa ada poin tambahan dari kedua tim hingga Tybulle meraih dua poin menyudahi fast break Australia untuk membuat kedudukan 26-24. Sejak itu keunggulan selalu dimiliki Australia yang menutup kuarter kedua dengan skor 39-33.

Australia memperlebar keunggulan mereka lagi menjadi 60-48 kala mengakhiri kuarter ketiga dengan layup dari Dante Exum.

Argentina semakin tak berkutik pada kuarter pemungkas, sebaliknya Australia tampil begitu gemilang meraih 37 poin tambahan, yang 10 di antaranya disumbangkan oleh Landale.

Sementara Argentina hanya mampu menambah 11 poin, Australia menutup laga dengan kemenangan meyakinkan 97-59 untuk melanjutkan tren sapu bersih mereka di Tokyo.

Pertandingan semifinal melawan Amerika dijadwalkan berlangsung Kamis lusa.

Baca juga: Kevin Durant pimpin Amerika singkirkan Spanyol di perempat final

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021