Jakarta (ANTARA) - Film dokumenter "Becoming Led Zeppelin", yang mengisahkan perjalanan band rock ikonis, dikonfirmasi akan tayang dan berkompetisi di Festival Film Venesia tahun ini.

Disutradarai oleh Bernard MacMahon ("American Epic") dan ditulis bersama serta diproduksi oleh Allison McGourty, film ini mengisahkan anggota band Jimmy Page, John Paul Jones, Robert Plant dan mendiang John Bonham.

Mengutip Deadline, Rabu, film ini akan mengungkapkan perjalanan individu dari empat anggota band saat mereka bergerak di dunia musik tahun 1960-an, bermain klub-klub kecil di seluruh Inggris dan melakukan beberapa hits terbesar pada zaman itu, hingga pertemuan mereka di musim panas 1968 untuk latihan yang mengubah hidup mereka selamanya.

Baca juga: Film dokumenter Led Zeppelin rampung diproduksi

Baca juga: Karya asli sampul album perdana Led Zeppelin akan dilelang


Empat perjalanan mereka bergabung menjadi satu saat mereka berangkat untuk menaklukkan Amerika dalam lika-liku dan perjalanan yang memuncak pada tahun 1970 ketika mereka menjadi band nomor satu di dunia.

"Tujuan saya adalah membuat film dokumenter yang terlihat dan terasa seperti musikal. Saya ingin menyatukan empat cerita berbeda dari anggota band sebelum dan sesudah mereka membentuk kelompok mereka dengan sebagian besar cerita mereka maju hanya menggunakan musik dan citra dan untuk mengontekstualisasikan musik dengan lokasi di mana ia dibuat dan peristiwa dunia yang menginspirasi," kata sutradara MacMahon.

"Saya menggunakan film asli dan negatif, dengan lebih dari 70 ribu bingkai rekaman dipulihkan secara manual. Terinspirasi oleh "Singin 'In The Rain', melapisi rekaman pertunjukan yang tak terlihat dengan montase poster, tiket, dan perjalanan untuk menciptakan rasa visual dari hingar bingar dari awal karir mereka," imbuhnya.

Film debut MacMahon, "American Epic", memenangkan Audience Award di Sydney International Film Festival dan versi musikalnya "The American Epic Sessions" memenangkan Audience Award dan Discovery Award di Calgary International Film Festival dan Grammy.

Sementara itu, Festival Film Venesia akan berlangsung pada 1-11 September.

Baca juga: Studio rekaman legendaris Led Zeppelin dan Black Sabbath akan dijual

Baca juga: Dokumenter Schumacher hadirkan wawancara keluarga dan kompetitor

Baca juga: Led Zeppelin menang gugatan hak cipta `Stairway to Heaven`

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021