Netflix akan dokumentasikan misi penerbangan sipil SpaceX

id spacex,netflix,docuseries,elon musk

Netflix akan dokumentasikan misi penerbangan sipil SpaceX

Roket SpaceX Falcon 9. ANTARA FOTO/REUTERS/Thom Baur/wsj..

Jakarta (ANTARA) - Misi empat awak sipil yang akan meluncur ke luar angkasa dengan roket SpaceX pada pertengahan September mendatang akan didokumentasikan dalam serial Netflix berjudul “Countdown: Inspiration4 Mission To Space".

Melansir laporan The Verge pada Rabu, dokumenter tersebut akan menyorot proses pelatihan hingga lepas landas ke orbit yang dilakukan keempat awak tersebut dalam lima episode.

Melalui akun Twitter-nya, Netflix menyebut serial ini merupakan serial dokumenter pertama yang dibuat perusahaan streaming tersebut untuk meliput acara hampir secara real-time.

Baca juga: Roket China masuki atmosfer Bumi, puing-puing jatuh di Samudra Hindia

Netflix mengatakan dua episode pertama akan tayang pada 6 September, diikuti oleh dua episode lagi pada 13 September.

SpaceX menargetkan tanggal 15 September untuk peluncuran. Jika jadwal itu tetap berlaku, episode kelima diperkirakan tayang perdana pada akhir bulan September.

Film dokumenter ini diproduksi bersama Time Studios dan akan disutradarai Jason Hehir yang membuat serial tentang Michael Jordan berjudul “The Last Dance”.

Sebelumnya, perusahaan ruang angkasa milik Elon Musk telah mengungkapkan misi sipil pada Februari lalu. Dalam misi ini, empat awak akan tinggal di pesawat ruang angkasa Dragon selama beberapa hari dan mengorbit di sekitar Bumi.

Misi ini dipimpin oleh CEO Shift4 Payments Jared Isaacman yang dalam misi ini juga menggalang dana 200 dolar AS juta untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Selain Isaacman, tiga warga sipil lainnya yang akan bergabung adalah profesor geosains Sian Proctor, asisten dokter di St. Jude dan penyintas kanker anak Hayley Arceneaux, serta veteran Angkatan Udara AS Chris Sembroski.

Peluncuran misi Inspiration4 akan menjadi realisasi dari tujuan lama Musk dan SpaceX.

Inspiration4 akan menjadi peluncuran pariwisata luar angkasa kedua tahun ini. Sebelumnya, Jeff Bezos telah lepas landas bersama tiga awak menggunakan roket New Shepherd buatan Blue Origin pada bulan Juli lalu.

Di sisi lain, Richard Branson telah berhasil uji coba wisata luar angkasa bersama tiga awaknya dengan roket Virgin Galactic pada bulan Juli dan akan menawarkan kepada pelanggan mulai tahun depan.

Baca juga: Bezos bersedia tutup biaya NASA Rp29 triliun untuk misi ke bulan

Baca juga: Mengulas pariwisata antariksa dan dampaknya bagi Bumi

Baca juga: NASA kontrak roket SpaceX untuk misi ke bulan Jupiter

Pewarta : Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar